Mengenal Lebih Dekat Program TEKAD Kemendesa yang Buka Lowongan Fasilitator 2023

Mengenal Lebih Dekat Program TEKAD Kemendesa yang Buka Lowongan Fasilitator 2023

Mengenal Lebih Dekat Program TEKAD Kemendesa yang Buka Lowongan Fasilitator 2023--Kemendesa PDTT

RADARLEBONG.ID - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Indonesia telah meluncurkan program TEKAD 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa di wilayah Timur Indonesia.

Program ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Program TEKAD 2023 memiliki tujuan utama untuk memberdayakan masyarakat desa agar mampu berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang cepat, berkelanjutan, menciptakan dan memperluas kesempatan ekonomi, serta memastikan akses yang lebih luas bagi semua lapisan masyarakat, khususnya di wilayah Timur Indonesia.

Program TEKAD 2023 akan dilaksanakan di lima provinsi di wilayah Timur Indonesia, yaitu Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur.

Program ini akan menargetkan 1720 desa dan diharapkan akan memberi manfaat langsung bagi sekitar 412.300 rumah tangga atau sekitar 1.855.350 orang.

BACA JUGA:Seleksi TEKAD Kemendesa 2023, Ini Rencana Penempatan dan Kebutuhan di 9 Provinsi Bagian Timur

Program TEKAD 2023 memiliki tiga komponen utama, yaitu:

  1. Pemberdayaan Ekonomi Desa: Komponen ini bertujuan meningkatkan kapasitas pemerintah dan masyarakat desa untuk mempromosikan pembangunan ekonomi berdasarkan sumber daya yang tersedia di desa secara berkelanjutan.
  2. Kemitraan dalam Pengembangan Ekonomi Desa: Komponen ini berfokus pada membangun lingkungan pembangunan ekonomi di desa yang berkelanjutan dengan memfasilitasi dan meningkatkan akses ke pasar serta penyedia jasa untuk mendukung kegiatan ekonomi di desa.
  3. Pengembangan Inovasi, Pembelajaran, dan Pengembangan Kebijakan: Komponen ini mencakup kegiatan yang dilaksanakan di tingkat nasional untuk mendukung pelaksanaan kegiatan di provinsi, kabupaten, dan desa. Pengembangan kebijakan serta penguatan kelembagaan juga menjadi bagian dari komponen ini.

BACA JUGA:Peluang Emas, Cara Melamar sebagai Duta Digital dalam Program TEKAD Kemendesa!

Keberhasilan program TEKAD 2023 akan diukur oleh indikator yang telah ditentukan. Program ini diharapkan mampu mempercepat pembangunan ekonomi desa, mengoptimalkan peluang ekonomi yang ada, dan memanfaatkan sumber daya desa secara optimal untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan kesejahteraan masyarakat desa yang inklusif, khususnya di wilayah Timur Indonesia.

Program TEKAD 2023 merupakan salah satu langkah penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di desa-desa Indonesia dan memberi peluang lebih luas bagi masyarakat desa untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: