Waspadai Bahaya Beras Plastik, Ketahui Cara Membedakan yang Benar

Waspadai Bahaya Beras Plastik, Ketahui Cara Membedakan yang Benar

Waspadai Bahaya Beras Plastik, Ketahui Cara Membedakan yang Benar--ilustrasi

RADARLEBONG.ID - Meski isu mengenai beredarnya beras plastik atau beras sintetis di pasaran telah dibantah Plt. Menteri Pertanian dan Dirut Perum Bulog, namun kondisi ini memicu kekhawatiran yang lebih mendalam di tengah masyarakat terkait dengan kualitas dan keselamatan beras yang mereka konsumsi sehari-hari.

Konsumen perlu memiliki kewaspadaan yang tinggi terhadap produk beras yang mungkin mengandung plastik dan tidak memenuhi standar keaslian.

Beras yang dicampur dengan plastik bisa membahayakan kesehatan kita, dan itulah mengapa kita perlu memahami cara membedakan beras asli dari beras palsu.

Beras, yang sehari-hari menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia, adalah sasaran empuk bagi oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebagian dari beras palsu ini konon berasal dari China. 

BACA JUGA:Bansos Beras 10 Kg Beras, Daging Ayam, dan Telur Cair Hari Ini: Apakah Anda Termasuk Penerima? Cek Sekarang

Dalam kondisi seperti ini, kewaspadaan konsumen harus ditingkatkan agar tidak menjadi korban dari produk beras palsu yang mengancam kesehatan.

Dilansir dari DTPHP Kabupaten Luwu Utara, ada beberapa cara untuk membedakan beras asli dan beras plastik ini, sebagai berikut: 

Beras Asli

- Ukuran beras lebih besar dan terdapat guratan.

- Warna bening dengan sedikit warna putih susu di tengah.

- Tekstur kasar saat dipegang.

- Menyerap air saat dimasak.

- Mengeluarkan aroma harum saat dimasak.

- Rasanya manis karena mengandung glukosa dan karbohidrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: