Lulusan SMA, Mari Rapatkan Barisan! Kemenkumham Buka Formasi CPNS dan PPPK, Posisinya Ini Dia..

Lulusan SMA, Mari Rapatkan Barisan! Kemenkumham Buka Formasi CPNS dan PPPK, Posisinya Ini Dia..

Kemenkumham membuka penerimaaan CPNS dan PPPK 2023 lulusan SMA.-FOTO: kemenkumham.go.id-

RADARLEBONG.ID - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengumumkan dimulainya proses penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tahun 2023.

Proses pendaftaran untuk posisi ini telah dimulai pada tanggal 20 September 2023, dan akan berlangsung hingga 9 Oktober 2023. Jendela singkat ini memberikan peluang unik bagi individu yang bercita-cita untuk memulai karier yang memuaskan di Kementerian Hukum dan HAM.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Komjen Pol. (P) Andap Budhi Revianto menjelaskan formasi bagi CPNS terdiri atas penjaga tahanan dan dosen dengan jenjang asisten ahli.

Untuk penjaga tahanan telah dialokasikan total 1.000 posisi untuk penjaga tahanan.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Cara Daftar CPNS- PPPK 2023 untuk Lulusan SMA dan Cara Memeriksa Formasi yang Dibuka

Dengan rincian pria 941 kuota, wanita 50 kuota serta alokasi khusus untuk putra/i Papua 6 kuota, Papua Barat 3 kuota. 

"Untuk posisi Penjaga Tahanan harus memiliki kualifikasi pendidikan minimal SMA sederajat. Kemudian alokasi ini akan ditempatkan di 33 Kantor Wilayah Kemenkumham," kata Andap dikutip dari laman Kemenkumham.

Sementara itu untuk posisi dosen yakni 13 posisi dalam kategori umum, 1 posisi untuk lulusan terbaik dan  1 posisi untuk kategori disabilitas. Kriteria kelayakan untuk dosen dapat bervariasi tergantung pada bidang akademik tertentu. 

Penerimaan PPPK menawarkan 1.563 posisi, yang mencakup 1.135 posisi kategori khusus, 397 posisi kategori umum dan 31 posisi untuk kategori disabilitas. 

BACA JUGA:Peluang Emas! CPNS Kejaksaan RI 2023 untuk Lulusan SMA

"Posisi kategori khusus diperuntukkan bagi non-ASN (Aparatur Sipil Negara) yang memenuhi kualifikasi pendidikan yang diperlukan dan memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun secara berkesinambungan di Kementerian Hukum dan HAM," imbuhnya.

Beberapa posisi yang ditawarkan oleh Kemenkumham meliputi:

- Analis dalam urusan hukum

- Analis properti intelektual

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: