Mengapa Jadwal Pendaftaran CPNS 2023 Diundur? Inilah 2 Alasan yang Mengejutkan dari BKN

Mengapa Jadwal Pendaftaran CPNS 2023 Diundur? Inilah 2 Alasan yang Mengejutkan dari BKN

Mengapa Jadwal Pendaftaran CPNS 2023 Diundur Inilah Alasan yang Mengejutkan dari BKN--

RADARLEBONG.ID - Badan Kepegawaian Negara (BKN) resmi mengumumkan pendaftaran CPNS tahun 2023 diundur. Ini tertuang dalam Surat Edaran BKN Nomor: 8871/B-KS.04.01/SD/K/2023.

Awalnya jadwal pendaftaran CPNS 2023 akan dibuka pada Minggu 17 September, namun kini diundur hingga tanggal 20 September hingga 9 Oktober 2023. 

Ada dua alasan utama yang menjadi dasar penundaan pendaftaran CPNS 2023 yang ditulis dalam edaran BKN ini.

Pertama, proses optimalisasi pengisian kebutuhan Jabatan Fungsional Teknis pada pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Tahun Anggaran 2022 masih berlangsung sesuai dengan Keputusan Menteri PAN RB Nomor 571 Tahun 2023.

BACA JUGA:Cara Mudah Membuat Akun di SSCASN untuk CPNS 2023

Kedua, instansi pusat dan daerah masih melakukan proses verifikasi dan validasi formasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Hal ini termasuk memastikan bahwa setidaknya 2% dari keseluruhan jumlah penetapan kebutuhan adalah untuk pelamar disabilitas, serta pembagian komposisi untuk kebutuhan khusus dan umum sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Keputusan tiba-tiba ini mengejutkan banyak pihak, terutama karena pada Sabtu (16/9), BKN masih menyatakan bahwa pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK akan berjalan sesuai jadwal awal.

Hal ini menimbulkan kebingungan di kalangan calon peserta yang sudah bersiap untuk mendaftar.

BACA JUGA:14 Kesalahan Umum yang Perlu Dihindari Peserta CPNS 2023 Agar Lulus Seleksi Administrasi

Pendaftaran untuk CASN 2023 akan dilakukan secara daring atau online.

Calon peserta dapat mendaftar melalui situs resmi SSCASN dengan mengakses tautan berikut: https://sscasn.bkn.go.id/ atau  https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: