Ada Kebakaran? Jangan Khawatir, Mobil Pemadam Kebakaran Akan Stay di Kecamatan

Ada Kebakaran? Jangan Khawatir, Mobil Pemadam Kebakaran Akan Stay di Kecamatan

Perbaikan: Armada Damkar milik Pemkab Lebong saat ini tengah dilakukan perbaikan atau rekondisi oleh pihak rekanan dari PT. New Trifindo Bekasi.--

RADARLEBONG.ID - Kabar bagi masyarakat, apabila ada kebakaran yang terjadi di wilayahnya.

Direncanakan 6 Unit armada pemadam kebarakan (Damkar) yang dimiliki Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebong, yang saat ini sedang dilakukan perbaikan oleh PT. New Trifindo Utama Bekasi akan stay di kecamatan.

"Untuk saat ini masih rekondisi masih berproses. Insyaallah akhir September sudah tuntas dan seluruh unit siap untuk digunakan," kata Kasatpol PP Lebong Andrian Aristiawan, SH.

Lanjut Andrian, dalam memaksimalkan penanganan peristiwa kebakaran yang bisa terjadi sewaktu-waktu, pihaknya berencana untuk menyebar penempatan Damkar di beberapa kecamatan berikut dengan personilnya. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Memadamkan Api, Ini Tugas Damkar yang Tak Kalah Ekstrimnya

Dengan jumlah 6 unit Damkar yang dimiliki, setiap unit nantinya akan membackup 2 kecamatan. Jumlah armada damkar yang saat ini kita miliki masih sangat terbatas jika dibandingkan dengan luas wilayah Kabupaten Lebong. 

"Sehingga nanti penempatannya akan kami sebar di beberapa titik kecamatan. Sehingga ketika terjadi peristiwa kebakaran, unit bisa cepat tiba di lokasi," jelasnya.

Lebih jauh, dengan anggaran Rp 1 Miliar yang disiapkan dalam APBD Lebong, rekondisi dilakukan untuk 6 unit Damkar yang dimiliki Satpol PP dengan kerusakan yang berbeda.

Mulai dari armada yang sebelumnya mati total tak bisa digunakan, rusak pada bagian mesin penyedot dan penyembur air hingga armada yang hanya mengalami kerusakan ringan.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Kemendagri Siapkan 3.217 Formasi PPPK untuk Petugas Damkar

Secara garis besar sistem pada mobil Damkar terdiri dari mesin dan rangka kendaraan dan Pompa dan Power Take Off (PTO). 

"Kedua hal tersebut disatukan melalui sistem mekanik, elektrik, konstruksi bodi dan sistem perpipaan hingga menjadi satu unit utuh yang nantinya dapat berfungsi alat pemadam kebakaran," terangnya.

Ia menambahkan, 6 unit armada Damkar yang dimiliki terdiri dari 5 unit jenis truck fire dan 1 lainnya jenis jeep fire.

Disisi lain pihaknya  tetap mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap potensi terjadinya kebakaran yang bisa terjadi sewaktu-waktu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: