Reforma Agraria, BPN Lebong Kembangkan Program Minapadi

Reforma Agraria, BPN Lebong Kembangkan Program Minapadi

Lepas: Wakil Bupati Lebong Drs Fahrurrozi,M.Pd dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Lebong melepas bibit ikan di areal persawahan di Desa Selebar Jaya, Rabu (6/9).--

RADARLEBONG.ID - Kantor ATR/BPN Lebong melalui gugus tugas reforma agraria mengembangkan program Minapadi di Desa Selebar Jaya Kecamatan Amen. 

Yaitu program budidaya ikan di sawah yang dilakukan secara bersamaan dengan tanaman padi pada suatu areal yang sama.

Program tersebut dimulai dengan pelepasan bibit ikan yang dilakukan di areal persawahan di Desa Selebar Jaya Rabu, (6/9). 

Wakil Bupati Lebong Drs. Fahrurrozi, M.Pd yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Kantor ATR/BPN Lebong.

BACA JUGA:Terbaru ! Galian C Ilegal Wajib Sumbang PAD

BACA JUGA:Per Agustus 2023, Pajak Air Permukaan di Lebong Sudah Over Target dari Provinsi Bengkulu

Dengan kegiatan ini diharapkan bisa merangsang masyarakat lainnya dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki dengan ikut melaksanakan program Minapadi.

Program ini berdampak langsung terhadap masyarakat. Kita ketahui dulu Lebong selain dikenal sebagai lumbung padi juga dikenal sebagai daerah lumbung ikan.  

"Dengan program ini diharapkan bisa mengembalikan kejayaan Kabupaten Lebong sebagai daerah penghasil padi dan ikan," katanya.

Lanjutnya, dalam mendukung program ini, kedepan dirinya sudah meminta Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) menjamin ketersediaan bibit ikan.

Budidaya ikan dan menanam padi yang dilakukan secara bersamaan ini kedepan diharapkan bisa dikembangkan oleh petani di wilayah ini.

"Anugrah dan potensi yang dimiliki Kabupaten Lebong ini sangat luar biasa. Tinggal lagi bagaimana kita memanfaatkan dan mengembangkan potensi ini," demikian Wabup. 

Sementara itu, Kepala Kantor ATR/BPN Lebong Tabri Z, S.Sos, ST, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu program dari gugus tugas reforma agraria dalam penataan akses dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong yakni tanam dua kali dalam setahun (MT-II).

"Jadi program di BPN itu ada dua jenis yaitu penataan aset dan penataan akses. Minapadi ini merupakan program penataan akses dalam mendukung program Bupati dan Wakil Bupati yakni MT-II dengan melepas bibit ikan di areal persawahan warga binaan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: