Hasil ST2023 Petugas Lapangan Masih Diolah BPS Lebong

Hasil ST2023 Petugas Lapangan Masih Diolah BPS Lebong

BPS Lebong masih mengolah data ST2023 oleh petugas lapangan. -foto : ist-

RADARLEBONG.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lebong telah tuntas melaksanakan pendataan Sensus Pertanian 2023 (ST2023), sejak tanggal 31 Juli lalu.

Bahkan hasil pendataan yang didapat sebanyak 101 PPL (Petugas Pencacah Lapangan) dan 15 PML (Petugas Pemeriksa Lapangan) masih dalam pengolahan oleh pihak BPS Lebong

"Iya, untuk kegiatan pendaataan ST2023 telah selesai dilakukan para petugas pendata, saat ini datanya masih dalam pengolahan di BPS Lebong," kata Kepala BPS Lebong, Yuniarto, SST, M.Si. 

Lebih jauh, hasil pendataan sensus pertanaian yang sudah diolah ini, selanjutnya akan kembali di analisis di pusat. Setelah itu barulah akan dirilis sekitar pada Desember mendatang. 

BACA JUGA:Petugas Sensus Pertanian 2023 Lakukan Pendataan 7 Cakupan Subsektor Berikut Ini

BACA JUGA:Semangat! Intip Besaran Gaji Petugas Sensus Pertanian 2023

"Nanti hasilnya akan dirilis oleh pusat sekitar bulan Desember, setelah itu barulah kita (BPS,red) akan menyampaikan kepada Pemkab Lebong," sampainya. 

Dijelaskannya, bahwa dalam pendataan sensus pertanian terdapat tujuh cakupan subsektor yang didata oleh petugas lapangan meliputi, pertama subsektor tanaman pangan, kedua subsektor cakupan pertanian hortikultura, ketiga subsektor perkebunan. Keempat subsektor peternakan. 

Kemudian, kelima subsektor perikanan yang mendata seluruh hasil yang diperoleh dari kegiatan penangkapan atau budidaya ikan yang dibudidaya.

Keenam subsektor kehutanan dan ketujuh subsektor jasa pertanian seperti jasa pertanian tanaman, jasa perternakan, jasa perikan dan jasa kehutanan. 

Yuniarto menambahkan, tujuan ST2023 sendiri adalah menyediakan data struktur pertanian, terutama untuk unit-unit administrasi terkecil, kemudian menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolak ukur statistik.

Termasuk  juga bertujuan untuk menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian lanjutan.

"Jadi, data yang dihasilkan dari kegiatan ST203 akan memberikan gambaran secara aktual mengenai kondisi pertanian khususnya di Kabupaten Lebong. Yangmana sensus pertanian ini sangat berguna bagi perencanaan pembangunan daerah," singkatnya. (wlk)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: