Lahan Sekolah Terbanyak yang Sudah Diterbitkan Sertifikatnya

Lahan Sekolah Terbanyak yang Sudah Diterbitkan Sertifikatnya

Kabid Aset Daerah BKD Lebong, Gundala SE, -foto : amri rakhmatullah/raleb.id-

RADARLEBONG.ID - Dari 120 lahan milik Pemkab Lebong yang ditargetkan memiliki sertifikat tahun ini, baru 33 sertifikat yang telah diterbitkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Lebong.

Hal ini disampaikan Kabid Aset Daerah BKD Lebong, Gundala SE, kemarin (24/8). 

"Kita sudah menyampaikan 81 berkas ke BPN untuk dilakukan penerbitan sertifikat lahan atas nama Pemkab Lebong. Dan yang sudah diterbitkan sertifikatnya saat ini sudah 33 sertifikat," ungkapnya. 

Dijelaskannya, penerbitan sertifikat lahan ini merupakan salah satu atensi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai upaya pengamanan terhadap lahan milik pemerintah.

BACA JUGA:Pemetaan Lahan Penerbitan Sertifikat

BACA JUGA:Penerbitan Sertifikat Lahan Ghaib di Lebong Hanya Dianggarkan Segini

Saat ini, tim gabungan dari BPN dan Pemkab Lebong tengah bekerja untuk menuntaskan program penerbitan sertifikat lahan tersebut. 

"Dari 120 lahan yang ditargetkan memiliki sertifikat ini, kebanyakan adalah lahan sekolah," jelasnya. 

Ditambahkan Gundala, dari total sebanyak 626 lahan milik milik Pemkab Lebong yang terdiri dari tanah kas desa, tanah sekolah dan tanah lainnya, baru 242 lahan yang sudah memiliki sertifikat.

Sedangkan sisanya, 386 lahan belum memiliki sertifikat. 

Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bertahap oleh Pemkab Lebong. Sehingga, ditargetkan pada tahun 2025 mendatang seluruh lahan milik pemerintah sudah memiliki sertifikat. 

"Mudah-mudahan tahun 2025 nanti, seluruh lahan milik pemerintah ini sudah memiliki sertifikat semuanya. Selain untuk penertiban aset, ini juga menindaklanjuti atensi dari KPK RI," singkatnya. (bye)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: