KPU Lebong Minta Warga Beri Tanggapan terhadap 245 Bacaleg yang Masuk DCS, Download Pengumumannya Di Sini

 KPU Lebong Minta Warga Beri Tanggapan terhadap 245 Bacaleg yang Masuk DCS, Download Pengumumannya Di Sini

KPU Lebong memberi ruang kepada masyarakat untuk menanggapi DCS Caleg Lebong.--

RADARLEBONG.ID - Dari 303 Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024 di Kabupaten Lebong, hanya 245 bacaleg yang ditetapkan masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lebong.

Sisanya, 58 bacaleg dinyatakan tidak memenuhi syarat dan dipastikan gagal mencalonkan diri sebagai calon wakil rakyat di Kabupaten Lebong. 

Divisi Teknis Penyelenggara KPU Lebong, Sugianto, bacaleg yang dinyatakan TMS ini disebabkan karena tidak melakukan perbaikan berkas sesuai tahapan yang telah dilaksanakan oleh KPU. 

Dirinya memastikan jika bacaleg yang dinyatakan TMS ini tidak lagi memiliki peluang untuk maju sebagai calon wakil rakyat di Kabupaten Lebong pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang. 

BACA JUGA:Hari Terakhir Perbaikan Berkas , KPU Lebong Benarkan Ada Parpol Ganti Bacaleg

BACA JUGA:Fix!! Uji Materi Sistem Pemilu Tertutup Ditolak, Caleg Tetap Ditentukan Suara Terbanyak

"Ada 2 Parpol yang mendaftarkan bacaleg mereka tapi tidak melakukan perbaikan sehingga dinyatakan TMS," ungkapnya. 

Selain itu, pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan atas pengumuman DCS yang sudah ditetapkan. Tanggapan ini bisa disampaikan secara langsung ke kantor KPU Kabupaten Lebong atau bisa melalui email atau website info pemilu KPU. 

"Tapi, tanggapan ini harus disertai dengan bukti yang akurat agar tidak merugikan pihak-pihak terkait. Misalnya, jika bacaleg itu pernah dihukum pidana, maka harus disertakan buktinya," tambahnya.

Masa tanggapan masyarakat ini dilakukan sejak 19 Agustus hingga 28 Agustus mendatang. Dan tahapan berikutnya adalah pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu Legislatif 2024. 

"September itu sudah dilakukan pengumuman DCT Pemilu Legislatif 2024. Jadi kami imbau masyarakat untuk memberikan tanggapan atas DCS yang saat ini sudah diumumkan," singkatnya. (bye)

 

Daftar Lengkap DCS Lebong yang dinyatakan TMS dapat didownload dengan cara klik link dibawah ini :

DAFTAR CALON SEMENTARA ANGGOTA DPRD KABUPATEN LEBONG DALAM PEMILIHAN UMUM TAHUN 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: