Ini Penyebab Macetnya Air PDAM TTE di Lebong

Ini Penyebab Macetnya Air PDAM TTE di Lebong

Direktur PDAM Lebong, Ahmad Nurain, S. Sos-foto : adrian roseple/raleb.id-

RADARLEBONG.ID - Terkait keluhan para pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Tebo Emas (PDAM-TTE), terutama pada wilayah kecamatan Lebong Utara terhadap kebutuhan air bersih yang kerap mati.

Akhirnya Direktur PDAM Lebong, Ahmad Nurain, S. Sos angkat bicara atas persoalan tersebut. 

Dikatakannya, air bersih yang sering mati dan tidak mengalir secara maksimal ke rumah pelanggan, seperti di desa Kampung Muara Aman dan sekitarnya tersebut, karena jaringan pipa penghubung yang berasal dari sumber air Pabes sudah tidak layak untuk digunakan lantaran sudah termakan usia. 

"Jaringan pipa PDAM dari sumber itu sudah mengalami kerapuhan dan sudah tidak layak lagi dipakai. Karena sejak tahun 1990 pipa itu tidak pernah dilakukan peremajaan, sehingga kondisi inilah yang menyebabkan air sering macet dan kerap mati," kata Ahmad Nurain. 

BACA JUGA:Khawatir Jaringan Pipa Pecah, PDAM Pelototi Pengerjaan Pelebaran Jalan di Lebong

BACA JUGA:Tunggakan Pelanggan PDAM Lebong Tengah Capai Miliaran Rupiah

Diakuinya, bahwa mengenai keluhan air bersih ini tidak hanya disampaikan para pelanggan di wilayah desa Kampung Muara Aman sanaj, namun juga di beberapa desa lainnya.

Namun karena keterbatasan anggaran petugas PDAM hanya bisa melakukan perbaikan saja, jika terdapat jaringan pipa yang mengalami kebocoran. 

"Belum lama ini ada 5 titik lokasi yang kita lakukan perbaikan pipa bocor karena memang pipa itu sudah termakan usia," sampainya. 

Tak hanya itu, penyebab lainnya yaitu tidak adanya watermater, karena dari sekitar 6.400 pelanggan aktif, hanya sekitar 1.000an pelanggan yang memiliki watermeter.

Sehingga dampak yang ditimbulkan dari belum tersedianya watermeter ini menyebabkan pendistribusian air bersih ke pelanggan tidak merata dan menyebabkan pemborosan penggunaan air bersih. 

"Kita juga sudah melakukan hearing dengan DPRD, terkait permasalahan air ini. Ya, harapan kami jaringan pipa penghubung dan water mater yang dialami saat ini bisa menemui titik terang.

Sehingga ke depan tidak ada lagi masyarakat atau pelanggan yang mengeluh terhadap air bersih dari PDAM Lebong," pungkasnya. (wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: