Keterlaluan! Sudah Diingatkan, 61 ASN Lebong Tak Berkabar

Keterlaluan! Sudah Diingatkan, 61 ASN Lebong  Tak Berkabar

61 ASN tanpa keterangan dari hasil sidak digelar Satpol PP Lebong.--

RADARLEBONG.ID  - Keterlaluan, meski sudah diingatkan agar ASN tidak  menambuh libur usai libur bersama Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Namun, faktanya, edaran tersebut tak dihiraukan ASN di jajaran Pemkab Lebong.

Buktinya, saat Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebong, Senin (3/7), menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke seluruh OPD pada hari pertama masuk kerja, senin (3/7/2023). 

Ternyata, masih didapati ada 171 ASN tak masuk kerja dengan beragam alasan.

BACA JUGA:PT Telkom Salurkan Bantuan CSR untuk 3 Sekolah di Lebong

BACA JUGA:ASN Ingat Jangan Libur Idul Adha Dulu, Masih Tunggu Petunjuk Pusat

Parahnya, 61 ASN tak Berkabar alias tercatat  tidak hadir tanpa keterangan. 

Sedangkan, sisanya sebanyak 34 ASN Dinas Luar (DL), kemudian 66 ASN izin , 1 ASN Dinas Dalam , dan 9 ASN sakit. 

Sidak yang dilakukan Satpol PP  tersebut  guna menindaklanjuti perintah Pimpinan. Yangmana, sidak bertujuan untuk melihat tingkat kedisiplinan para pegawai seusai diberi kesempatan libur panjang dan cuti bersama Idul Adha 1444 Hijriah/2023

"Kami hanya mengumpulkan absensi saja. Untuk tindaklanjutnya, bukan wewenang kami. Yang jelas hasilnya kami sampaikan kepada pimpinan, dalam hal ini Bupati Lebong," kata Kasatpol PP Kabupaten Lebong, Andrian Aristiawan, SH.

Lanjutnya Andiran, berdasarkan instruksi Kemendagri jika cuti lebaran bagi ASN hanya diberikan hingga tanggal 2 Juli. Bahkan dalam aturan itu juga ASN tidak diperkenankan menambah cuti lebaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

"Untuk keseluruhan data ASN ini akan segera dilaporkan ke pimpinan yakni Bupati Lebong sebagai bahan untuk di tindak lanjuti. Karena kami (Satpolpp, red) hanya menjalankan tugas sesuai dengan intruksi," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lebong H. Mustarani Abidin, SH, M.Si mengakui dirinya masih menunggu hasil laporan dari Satuan Polisi 

Pamong Praja (Satpol PP) yang melakukan rekapitulasi absen.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: