Waspada Moms! Balita Paling Banyak Terserang Diare

Waspada Moms! Balita Paling Banyak Terserang Diare

ilustrasi--

RADARLEBONG.ID - Moms.. harus waspada akan penyakit diare atau muntaber yang ternyata paling banyak menyerang balita di Lebong.

Data tersebut sejak Januari hingga Mei 2023, dimana tercatat sudah ada 160 kasus yang ditemukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lebong.

Peningkatan itu juga terjadi terjadi pada bulan Mei sudah sebanyak 50 pasien yang terjangkit penyakit tersebut.

Plt. Direktur RSUD Lebong, Rachman, SKM menyebutkan pasien muntaber ini berasal dari berbagai kecamatan di wilayah Kabupaten Lebong, untuk pasien yang dirawat seluruhnya merupakan pasien anak-anak.

BACA JUGA:WHO Rilis 10 Penyakit Mematikan di Dunia, Jantung Hingga Diare

BACA JUGA:Cegah Diare dengan Cara Ini

"Untuk gejala penderita muntaber itu ciri cirinya mual, muntah, demam hingga mencret," kata Rachman.

Lebih lanjut disebutkannya, dari 160 pasien anak yang terserang muntaber dari 12 kecamatan itu paling banyak ditemukan di Puskesmas Muara Aman dengan 36 kasus.

Meski demikian pasien muntaber yang ditangani RSUD Lebong dipastikan belum ada satupun yang dilaporkan meninggal dunia.

"Untuk tren kasus grafiknya terus mengalami peningkatan setiap minggunya, tetapi petugas Nakes dan dokter selalu standby untuk penanganannya pasien muntaber," sampainya.

Disisi lain, menurut Rachman  penyebab tingginya angka muntaber di kabupaten Lebong di karenakan adanya peningkatan suhu yang terjadi di daerah tersebut kemudian berkaitan dengan air yang kurang bersih hingga sanitasi yang buruk.

BACA JUGA:Pemilik 5 Tanggal Lahir yang Disayang Nyi Roro Kidul, Bisa Angkat Derajat Keluarga

BACA JUGA:Selain DBD, Waspada Diare di Musim Penghujan

"Kami sudah menginstruksikan kepada petugas kesehatan di Puskesmas setempat untuk melakukan sosialisasi dan mengajak warga meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS)," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: