Bulan Puasa, Balita Tetap Ikut Posyandu

Bulan Puasa, Balita Tetap Ikut Posyandu

Posyandu: Jalannya kegiatan posyandu di Desa Tanjung Bungai II kemarin. -foto : carles/radarlebong-

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Meski dalam bulan puasa ramadhan, namun Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Semelako Kecamatan Lebong Tengah terus gencar melaksanakan kegiatan posyandu dan posbindu dalam wilayah kerjanya.

Seperti posyandu yang dilaksanakan di desa Tanjung Bungai II, sedikitnya ada 15 balita yang secara rutin mengikuti kegiatan posyandu.

Hal ini diutarakan Kepala puskesmas, Agustin, A.Md. Kep melalui Juri Imuniasasi, Lia Pransika, A.Md. Kep.

"Iya, posyandu ke desa-desa rutin kami lakukan, untuk di desa Tanjung Bungai sendiri tercatat ada 15 balita yang masih rutin mengikuti posyandu," ungkap Lia Pransika.

BACA JUGA:Bukan Hanya Imunisasi, Tapi Tumbang Balita Bisa Terdeteksi Lewat Posyandu

BACA JUGA:Tak Hanya Imunisasi, Banyak Kegiatan dengan Rutin ke Posyandu

Lebih jauh, dijelaskannya, posyandu dan posbindu merupakan program rutin yang dilaksanakan oleh setiap puskesmas, termasuk puskesmas Semelako dengan mendatangi seluruh desa setiap satu bulan sekali.

Program ini bertujuan untuk memantau kesehatan masyarakat mulai dari balit, ibu hamil, remaja, hingga lansia.

"Program ini dilaksanakan secara rutin untuk memantau kesehatan balita maupun lansia, dalam kegiatan ini juga petugas kesehatan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pengetahuan mengenai kesehatan," lanjutnya.

Dia menambahkan, bahwa melalui program ini tenaga kesehatan juga bisa memantau tumbuh kembang anak apakah sesuai dengan perkembangan usia dan mengedukasi para orang tua agar selalu memperhatikan kebutuhan gizi yang seimbang untuk anaknya.

"Kami mengimbau masyarakat terutama para orang tua yang memiliki bayi balita agar lebih proaktif mengunjungi pelayanan di posyandu, karena ini penting untuk memantau tumbuh kembang anak,"singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: