Bisa Dicoba, Berikut Trik Menanam Padi yang Betul

Bisa Dicoba, Berikut Trik Menanam Padi yang Betul

Trik cara menanam padi yang benar.-foto carles/radarlebong-redaksi

RADARLEBONG.ID - Walaupun waktu ini, sejumlah bentangan sawah punya Petani di Lebong tengah mengerjakan musim panen padi.

Akan tetapi, lebih baiknya, memperbanyak pengetahuan petani bakal trik menanam padi yang dilansir dari sumber-sumber.

Di mana, ditemui, Padi adalah satu diantara tanaman pangan yang perlu serta jadi sumber karbohidrat buat sejumlah besar masyarakat di dunia, terutamanya bahan makanan inti di Indonesia.

Selaku negara agraris, Indonesia memiliki area yang sesuai buat menanam padi.

BACA JUGA:Peningkatan IP 300, Bupati Lebong Launching Percepatan Tanam Padi

BACA JUGA:Sebagian Petani di Lebong Terlambat Turun Tanam, Gegara Apa?

Akan tetapi, menanam padi tidaklah perihal yang ringan. Dibutuhkan pengetahuan serta keahlian spesial buat menanam padi dengan bagus.

Berikut cara-cara menanam padi yang betul:

1. Penyiapan Area

Penyiapan area yaitu pertama-pertama dalam menanam padi. Yakini area yang bakal dipakai buat menanam padi cukup subur serta miliki kandungan air yang cukup.

Melakukan pemupukan serta pemrosesan area dengan bagus, jika terlebih area itu sebelumnya tidak pernah dipakai awal mulanya. Perlu diingat buat keringkan area sebelumnya menanam padi.

2. Pengairan

Seusai area siap, cara seterusnya yaitu pengairan. Padi butuh air yang lumayan buat tumbuh dengan bagus.

Apabila di area itu tak ada sumber air, jadi petani mesti membikin aliran air atau menempatkan struktur irigasi biar air bisa mengucur ke area.

3. Penentuan Varietas Padi

Penentuan varietas padi yang cocok paling penting dalam menanam padi. Tentukan varietas padi yang sesuai dengan situasi area serta cuaca di wilayah tempat Anda tinggal.

Terdapat beberapa varietas padi yang dapat diputuskan, seperti IR 64, Ciherang, Inpari, dll.

4. Penyemaian Padi

Penyemaian padi dapat dikerjakan trik manual atau memanfaatkan mesin. Apabila Anda memanfaatkan trik manual, jadi Anda mesti menyediakan benih padi yang udah disortir serta miliki mutu yang bagus.

Benih itu setelah itu dapat disemai dengan cara sama rata di atas area yang udah disediakan. Apabila Anda memanfaatkan mesin, jadi benih padi bakal dirapikan oleh mesin itu serta disemai dengan cara automatic.

5. Perawatan Tanaman Padi

Seusai penyemaian, melakukan perawatan tanaman padi dengan bagus. Yakini tanaman padi mendapat ketersediaan air yang cukup, terpenting waktu tanaman berusia seminggu sampai 1bulan.

Melakukan pemupukan dengan teratur serta kontrol hama serta penyakit tanaman padi.

6. Pemanenan Padi

Pemanenan padi dikerjakan seusai tanaman padi sampai usia yang masak. Tentukan jam yang cocok buat melaksanakan pemanenan, ialah sewaktu butir padi udah mengeras serta warna bulir udah berganti jadi kuning.

Melakukan pemanenan dengan berhati-hati serta perlu diingat buat keringkan padi sebelumnya dipanen.

Catatan

Sekianlah trik menanam padi yang betul. Menanam padi benar-benar butuh upaya serta perhatian yang lebih besar, akan tetapi hasilnya dapat begitu mengesankan apabila dikerjakan betul. Selamat mempraktekkan serta mudah-mudahan sukses!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: