Genjot PAD PBB-P2 2023, BKD Lebong Ungkap Langkahnya

Genjot PAD PBB-P2 2023, BKD Lebong Ungkap Langkahnya

Kabid Pendapatan dan Bagi Hasil BKD Lebong, Monginsidi, S.Sos.-Foto Amri Rakhmatullah/radarlebong-

RADARLEBONG.ID - Genjot PAD PBB-P2 2023, BKD Lebong mengungkap langkahnya yang dimulai dengan melakukan pendataan terhadap Wajib Pajak (WP) yang baru. Dimana, pihak Pemkab Lebong menargetkan WP baru

ini mengalami kenaikan, terlebih untuk penerimaan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBBP2) tahun 2023, yang ditergetkan tahun ini mengalami kenaikan ketimbang tahun 2022 lalu.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Pendapatan BKD Lebong Monginsidi, S.Sos.

"Tahun ini PAD PBBP2 kita ditargetkan meningkat dari tahun sebelumnya, dari 1,5 Miliar menjadi 1,75 Miliar. Untuk itu, kami mengupayakan untuk melakukan pendataan ulang terhadap WP terutama WP yang baru. Dimana, kami

BACA JUGA:Ingat, PBB-P2 Tertunggak Tetap Harus Tertagih

BACA JUGA:Baru 23 Desa, Kelurahan Lapor Pelunasan PBB-P2

telah melayangkan formulir pendaftaran WP baru ke setiap desa, kelurahan hingga kecamatan yang sudah kami mulai sejak tahun 2022 lalu," ungkapnya.

Ia pun menambahkan, sejauh ini pihaknya telah menerima data WP baru dari beberapa desa dan kelurahan. Selanjutnya, akan dilakukan pemutakhiran data WP yang nantinya akan dapat memaksimalkan PAD tahun 2023 ini.

"Kami sangat berharap desa, lurah maupun camat bisa mendata wajib pajak baru yang ada dilingkungannya masing-masing. Mereka dianggap lebih mengetahui kondisi dan situasi terbaru diwilayahnya, " bebernya.

Untuk pihak desa dan kelurahan, pihaknya mengharapkan dalam melakukan pendataan WP baru, agar dapat segera disetorkan sebelum dilakukannya proses cetak Daftar Himpunan Ketetapan Pajak (DHKP) dan Surat Pemberitahuan

BACA JUGA:H-3 Jelang Pelunasan PBB-P2, 7 Desa Ini Sudah Lunas, 60 Desa Masih Nol

BACA JUGA:PBB-P2 se Kecamatan Lenteng Baru Tertagih Rp 16 Juta, 5 Desa Masih Nol Persen

Pajak Terhutang (SPPT) PBBP2 tahun ini. Dari target yang sudah kita susun, proses cetak massal SPPT dan DHKP akan mulai dilaksanakan pada Maret mendatang.

"Kita berharap, mulai bulan April, DHKP dan SPPT sudah bisa dibagikan, ke Kecamatan dan dibagikan ke masing-masing Desa dan kelurahan. Semoga saja, target PAD PBBP2 tahun ini dapat meningkat, lebih dari tahun

sebelumnya yakni sebesar Rp 1,5 miliar yang dibebankan kepada 31.856 WP yang tersebar di 104 desa kelurahan di Kabupaten Lebong," demikian Monginsidi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: