Pencalonan DPD RI , KPU Lebong Pelototi Ribuan Dukungan

 Pencalonan DPD RI , KPU Lebong Pelototi Ribuan Dukungan

Vermin: KPU Lebong sedang melakukan verifikasi administrasi terhadap berkas dukungan Calon DPD RI diwilayah Kabupaten Lebong. Kamis(5/1)-foto : amri rakhmatullah/radarlebong-redaksi

LEBONG , RADARLEBONG.ID- Setelah menerima data dukungan calon DPD RI dari KPU Provinsi Bengkulu.

KPU Lebong langsung melakukan tahap vermin atau verifikasi administrasi terhadap 14.059 dukungan 12 bakal calon DPD RI di Kabupaten Lebong.

"Saat ini kami masih melakukan tahapan vermin bersama dengan Bawaslu Lebong. Kira-kira sudah ada 400 dukungan yang terverifikasi dan saat ini masih terus berlanjut hingga kamis ini (kemarin,red) " kata Ketua KPU Lebog Salahuddin Al Khidhr, SE.

Dalam tahap vermin tersebut, kata Ketua KPU , pihaknya akan mengecek setiap dukungan apakah ditemukan adanya data ganda eksternal maupun internal yang dilihat dari Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

BACA JUGA:KPU Lebong Sampaikan Pesan Penting untuk 60 Anggota PPK Lebong yang Telah Dilantik

BACA JUGA:Sah, KPU RI Loloskan Partai Ummat Jadi Peserta Pemilu 2024

Yang hasilnya nanti, lanjut dia, akan kembali disampaikan ke KPU Provinsi Bengkulu untuk kemudian dilakukan tahapan selanjutnya yakni masih ada vermin perbaikan. 

"Jadi usai verifikasi ini misalnya diketahui dukungan balon DPD kurang dari 2.000 dukungan jumlah minimal. Maka, calon bisa kembali menyerahkan berkas dukungan untuk selanjutnya kembali diverifikasi.

Dengan catatan dalam perbaikan dukungan tersebut, ada di wilayah Lebong. Maka kami akan kembali melakukan vermin perbaikan," jelasnya.

Jika dukungan tersebut telah terpenuhi, maka tambah dia, baru akan dilanjutkan dengan tahap verifikasi faktual (verfak) terhadap dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat. 

"Tahapan verfak dilakukan pada Februari sehingga PPS sudah terbentuk. Tapi, intinya tetap menunggu instruksi dari KPU Provinsi Bengkulu," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: