Umat Hindu di Bengkulu Utara Rayakan Hari Raya Galungan

Umat Hindu di Bengkulu Utara Rayakan Hari Raya Galungan

GALUNGAN : Umat Hindu di Bengkulu Utara merayakan Hari Raya Galungan.-foto : firdaus effendi/radarlebong-redaksi

BENGKULU UTARA, RADARLEBONG.ID - Kemarin (04/01/2023), berlangsung peringatan Hari Raya Galungan Umat Hindu di BENGKULU UTARA.

Jalannya perayaan Galungan berlangsung khidmat yang dilaksanakan terpusat di Pura Dharma Yatra Desa Rama Agung Kecamatan Arga Makmur Bengkulu Utara.

Warga tampak berbondong-bondong memadati pura untuk melakukan sembahyang bersama.

Ketua Banjar Adat Dharma Santi Desa Rama Agung, Gede Rumania menjelaskan. Hari Raya Galungan, merupakan hari yang sangat istimewa bagi umat Hindu, karena Galungan merupakan hari kemenangan.

BACA JUGA:Peringati Hari Amal Bhakti ke 77 Kemenag RI, Ini Pesan Menag RI di Bengkulu Utara

BACA JUGA:Status PPKM Dicabut, Wabup BU Ingatkan Tetap Waspada

"Dalam hal ini, kami merayakan kemenangan dharma atau kebaikan melawan adharma atau keburukan. Dimana, kemenangan kebenaran lewat restu dari sang hyang widhi wasa atau tuhan yang maha esa,"ujar Gede..

Gede juga mengatakan, sebenarnya perayaan hari raya galungan tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

Biasanya dalam perayaan ini, lanjut dia, umat Hindu disajikan dengan tarian rejang dewa yang dilakukan oleh anak anak umat Hindu. 

Namun, untuk tahun ini hal tersebut belum bisa terlaksana. Padahal, tarian ini secara khusus ditampilkan sebelum berlangsungnya suatu upacara adat atau kegiatan keagamaan umat Hindu.

BACA JUGA:Waspada Cuaca Ekstrim, Bupati Mian Tetap Siaga Bencana

BACA JUGA:Harga Telur Ayam di Pasar Purwodadi Bengkulu Utara Terpantau Stabil

"Ini merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan dalam merayakan hari galungan, yang juga merupakan salah satu warisan budaya.

Tarian ini juga, dipercaya memiliki nilai-nilai penting di dalamnya khususnya makna spiritual, sehingga juga dipercaya sebagai tarian yang suci. Namun, hal tersebut tidak mengurangi hikmatnya perayaan hari raya galungan ini,"tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: