Mengguntungkan, Warga Lebong Manfaatkan Lahan Sempit untuk Budidaya Lele

Mengguntungkan, Warga Lebong Manfaatkan Lahan Sempit untuk Budidaya Lele

Kolam: Inilah kolam pembesaran budidaya lele milik warga desa Pagar Agung Kecamatan Lebong Tengah. -foto : carles/radarlebong-redaksi

LEBONG  TENGAH, RADARLEBONG.ID - Program pemulihan ekonomi kemasyarakatan yang dilakukan Pemdes Pagar Agung Kecamatan Lebong Tengah ini bisa ditiru bagi desa lainnya.

Betapa tidak, di desa ini warga melaksanakan program budidaya ikan lele media terpal yang terbilang cukup sukses dan menguntungkan meski di lahan yang sempit.

Kades Pagar Agung, Apriyudi menjelaskan, bahwa budidaya yang merupakan program ketahanan pangan yang telah disepakati masyarakat dalam musyawarah desa. 

Dimana, lanjutnya mengolah lele di terpal sangat dirinya dukung, karena dinilai dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:Jalan Lingkungan Rusak Parah, Warga Minta Perbaikan

"Saya sangat dukung warga dalam pengembangan budidaya ikan lele ini, karena dengan memanfaatkan lahan yang sempit bisa menghasilkan uang untuk meningkatkan ekonomi warga," kata Apriyudi. 

Dia menambahkan, jika pemerintah desa sangat mendorong dan mendukung penuh warga untuk budidaya ikan lele ataupun tanaman unggulan lain

yang berorientasi ekspor atau telah memiliki pasar, seperti tanam durian, alpukat dan sebagainya.

"Budidaya ikan lele ini sangatlah mudah, jika pun tidak memiliki lahan yang luas bisa dilakukan dengan kolam terpal. Intinya apapun usaha yang bisa mendongkrak ekonomi warga pemdes sangat mendukung," singkatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: