Peresmian PTM Muara Aman oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Dijadwal Ulang

Peresmian PTM Muara Aman oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan Dijadwal Ulang

Satpol PP Lebong, selasa 21 Maret 2023 akan menyapu bersih PKL depan PTM Muara Aman yang akan dipindahkan ke lokasi pasar takjil.-foto dokumentasi-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Terkait adanya rencana peresmian Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Aman oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan akan kembali dijadwal ulang.Hal itu menyusul agenda Mendag yang padat  yang harus menghadiri acara di Provinsi Riau.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lebong H. Mustarani Abidin, SH, M.Si, mengatakan  saat ini pihaknya masih menjalin komunikasi dengan Kementerian Perdagangan untuk menjadwalkan ulang kedatangan Menteri Zulhas ke Kabupaten Lebong.

"Kalau untuk undangan pada 17 dan 18 Desember dipastikan beliau (Zulhas, red) tidak bisa datang karena sudah ada agenda lain pada tanggal tersebut," kata Sekda.

Lanjut Mustarani, ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan menteri Zulhas di Kabupaten Lebong. Selain meresmikan PTM Muara Aman yang berada di Kelurahan Pasar Muara Aman Kecamatan Lebong Utara, juga sekaligus meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP).

BACA JUGA:Mendag Zulhas Akan Resmikan PTM Muara Aman yang Sudah Dilaunching Rosjonsyah, Pekerjaan Harus Selesai

"Peresmian ini rencananya akan dipusatkan di lokasi PTM Muara Aman. Namun ada dua prasasti yang disiapkan untuk ditandatangani oleh Mendag, yaitu untuk PTM Muara Aman dan MPP," jelasnya.

Sementara Kepala Disperindagkop dan UKM Kabupaten Lebong Mahmud Siam, SP, MM, mengungkapkan pihaknya tengah menyiapkan penempatan pedagang pada los PTM Muara Aman sesuai permintaan Mendag Zulhas.

"Permintaan pak menteri agar saat peresmian ini dilakukan, pedagang sudah menempati los PTM ini sedang kami siapkan," kata Mahmud.

Pihaknya menargetkan, H-3 kedatangan Mendag Zulhas ke Kabupaten Lebong seluruh persiapan sudah tuntas dilaksanakan termasuk penempatan pedagang pada lokasi tersebut.

BACA JUGA:Masjid Agung Sultan Abdullah Lebong Lanjut Direhab, Bagaimana Nasib PTM eks Kios Pasar Muara Aman?

"Mudah-mudahan saat pak menteri datang nanti, tinggal meresmikan saja dan permintaan beliau ini sudah terpenuhi," singkatnya.

Berdasarkan data Radar Lebong PTM Eks Kios Pasar Muara Aman ini pada 12 Februari 2021 lalu sudah resmi dilaunching oleh mantan Bupati Lebong, Rosjonsyah.

Acara launching yang dilaksanakan pada penghujung masa jabatan mantan Bupati Rosjonsyah ini dihadiri oleh Sekda Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si, Plt. Kepala Dinas PUPR-Hub, Joni Prawinata, SE, MM, Ketua Komisi III DPRD Lebong, Rama Chandra, SH, Kasi Intel Kejari Lebong, Perwakilan Polres Lebong serta beberapa pejabat dan masyarakat Lebong lainnya.

Sebelumnya, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR-Hub Lebong Mast Irawan Nugroho, ST, mengakui jika proyek lanjutan pembangunan PTM eks Kios Pasar Muara Aman yang dilaksanakan CV. Kings ini sudah habis masa kontrak pada Oktober 2022 lalu.

BACA JUGA:Penyelesaian PTM Muara Aman Bakal Molor Lagi, Anggaran Disetujui Hanya Rp 4,5 Miliar

"Pekerjaan itu kita berikan perpanjangan waktu selama lima puluh hari kerja terhitung sejak kontrak berakhir," kata dia.

Belum selesainya lanjutan pembangunan PTM Muara Aman yang sudah dibangun sejak tahun 2016 silam, alasannya karena CV. Kings terkendala mobilisasi material bangunan yang berasal dari luar Sumatera hingga alasan cuaca.

"Rekanan kita kenakan denda 1/1000 karena keterlambatan ini. Denda ini dihitung per hari perpanjangan waktu pengerjaan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: