124 KPM Sumringah, BLT DD Tahap IV Cair, Uangnya Gunakan dengan Bijak

 124 KPM Sumringah, BLT DD Tahap IV Cair, Uangnya Gunakan dengan Bijak

BLT DD: Jalannya pembagian BLT DD di Lebong-foto : carles/radarlebong-redaksi

LEBONG TENGAH, RADARLEBONG.ID - Kemarin (12/12), pemerintah desa (pemdes) Tanjung Bungai II melaksakan kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa (BLT DD) periode Oktober sampai Desember 2022 sebesar Rp 900 ribu kepada sebanyak 120 KK warga penerima.

Penyaluran tersebut turut dihadiri Camat Lebong Tengah beserta jajaran yang diserahkan secara simbolis kepada warga penerima.

Kades, Sudirman menyampaikan jika untuk jumlah penerima BLT DD di desanya masih sama dengan penerima pada sebelumnya. Artinya tidak ada penambahan maupun pengurangan jumlah penerima.

"Alhamdulillah, untuk BLT DD periode Oktober sampai Desember sudah kita salurkan kepada 12 KK warga penerima di desa kita. Semoga bantuan ini bermanfaat dan bisa membantu meringankan ekonomi warga," sampai Kades.

BACA JUGA:Capaian BLT-DD Tahap IV di Lebong Masih Nol Persen, Kanwil DJPb Bengkulu Minta Segera Dicairkan

Sudarmadi menambahkan, dirinya berharap bantuan yang sudah diterima oleh masing-masing warga dapat digunakan dengan bijak, seperti dapat dibelanjakan untuk membeli sembako, sehingga kebutuhan warga bisa tetap terpenuhi.

"Dari penyaluran tahap pertama kita terus mengingatkan warga penerima supaya bantuan yang diterima digunkan dengan bijak, karena tujuan pemerintah menyalurkan bantuan tersebut untuk meringankan beban ekonomi warga yang saat ini masih dilanda pandemi Covid-19," singkat kades.

Capaian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) tahap IV, di Kabupaten Lebong masih nol persen.

Hal ini disampaikan Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu Syarwan, SE, MM.

BACA JUGA:54 Desa Belum Serahkan Laporan Realisasi BLT DD Tahap III

Ada 3 Kabupaten yang masih nol persen realisasi BLT-DD tahap IV tahun 2022. Lebong, Mukomuko dan Kepahiang,

Ia meminta agar wilayah yang belum menyalurkan BLT-DD tahap IV ini untuk melakukan pencairan kepada penerima. Terlebih, saat ini sudah penghujung tahun anggaran 2022.

Sedangkan 6 daerah lainnya, meski sudah melakukan pencairan BLT-DD tahap IV tahun anggaran 2022, namun capaian realiasi BLT-DD dalam Provinsi Bengkulu ini terbilang masih cukup rendah.

Sebab, dari lebih kurang Rp1 triliun anggaran yang disediakan, penyaluran dari triwulan satu hingga triwulan tiga secara kumulatif baru mencapai Rp285,3 miliar.

Berdasarkan data per 31 Oktober, Kabupaten Lebong, Kepahiang dan Mukomuko yang masih nol persen pencairan BLT-DD tahap IV tahun 2022.

Sedangkan capaian 6 kabupaten lain diantaranya Bengkulu Selatan mencapai Rp10 miliar, Bengkulu Utara Rp14,5 miliar, Rejang Lebong Rp10,9 miliar, KaurRp 5,9 miliar, Seluma Rp13,6 miliar dan Bengkulu Tengah Rp6,6 miliar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: