Waspada Pohon Tumbang Saat Cuaca Ekstrem Terjadi

Waspada Pohon Tumbang Saat Cuaca Ekstrem Terjadi

Tumbang: Terlihat bekas pohon tumbang yang terjadi belum lama ini diwilayah desa Semelako Atas-foto : carles/radarlebong-redaksi

LEBONG TENGAH, RADARLEBONG.ID - Kapolres Lebong, AKBP. Awilzan, SIK melalui Kapolsek Lebong Tengah, Ipda. Tulus Wibowo mengimbau kepada seluruh masyarakat dalam wilayah hukum Polsek Lebong Tengah, terutama masyarakat yang tinggal berada di wilayah rawan bencana alam untuk terus meningkatkan kewaspadaan. 

Karena mengingat kondisi cuaca ekstrim, yang belakangan ini terus diguyur hujan lebat dan angin kencang. Maka masyarakat perlu waspada dan berhati-hati ketika melakukan aktivitas di luar rumah supaya dapat terhindar dari hal buruk yang tidak diinginkan terjadi. 

"Sejak beberapa hari terakhir Lebong terus diguyur hujan lebat yang disertai angin kencang, maka kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan diri terhadap ancaman bencana alam" imbuh Kapolsek.

Selain itu, Kapolsek juga berharap adanya kerjasama baik dari pemerintah Kecamatan, Desa, hingga Kelurahan untuk terus memantau kondisi wilayah dalam kondisi cuaca buruk yang terjadi seperti sekarang ini.

BACA JUGA:Serba Digital, Perpustakaan Masih Diminati Warga

Apabila ada kejadian yang perlu segera ditindaklanjuti, misalnya bencana banjir, tanah longsor, pohon tumbang, maupun bencana lainnya, untuk dapat segera memberikan laporan sehingga bisa cepat diberikan pertolongan. 

"Kerjasama semua pihak-pihak sangat dibutuhkan, jika ada kejadian maka segera memberikan laporan agar bisa ditindaklanjuti, " sampainya.

Diakuinya, bahwa terdapat beberapa wilayah yang merupakan rawan terjadinya bencana banjir pada saat musim penghujan.

Seperti di desa Karang Anyar, Suka Bumi. Kemudian, desa rawan bencana pohon tumbang seperti desa Semelako Atas, serta bencana tanah longsor lainnya. 

Untuk itu, mengingat bencana alam sangat sulit untuk di prediksi, namun dengan melihat cuaca ekstrim yang terus terjadi hujan lebat ini, perlu untuk kita harus meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari hal buruk yang tidak kita inginkan terjadi. 

"Pada intinya tetap waspada dan berhati-hati, karena mengahadapi cuaca ekstrim seperti saat ini bisa saja menyebabkan bencana alam," demikian Kapolsek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: