Peringatan Hakordia 2022 di Lebong Sepi Kegiatan, Abaikan Edaran KPK?

Peringatan Hakordia 2022 di Lebong Sepi Kegiatan, Abaikan Edaran KPK?

Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2022--kpkri

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) diperingati setiap tanggal 9 Desember.

Ketua Komisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Firli Bahuri, tanggal 20 Oktober 2022 melalui surat edaran nomor 18 tahun 2022, yang ditujukan kepada Pimpinan Kementerian/Lembaga, Kepala Pemerintahan Daerah, jajaran Direksi BUMN/BUMD, meminta agar diselenggarakan kegiatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2022.

BACA JUGA:Oalah, Ratusan Pejabat Lebong 'Malas' Laporkan Kekayaan, Cuekin KPK Nih ?

"Mengimbau kepada seluruh Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD, dan Pemerintah Daerah untuk berpartisipasi dalam menyemarakkal peringatan Hakordia 2022 dengan menyelenggarakan program dan kegiatan antikorupsi di lingkungan instansi masing-masing," kata Firli dalam edaran Pimpinan KPK RI tanggal 20 Oktober 2022.

Hakordia 2022 mengusung tema 'Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi'. Hal ini, sebagai upaya kampanye bersama untuk mengajak keterlibatan seluruh komponen masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia.

BACA JUGA:Kejagung Ungkap Serapan Dana Penanganan Korupsi di Kejari Masih di bawah 80 Persen

Pantauan dilapangan Jum'at (9/12/2022) peringatan Hakordia 2022 di Kabupaten Lebong tampak sepi dari kegiatan.

Sayangnya, hingga berita ini diturunkan Kajari Lebong, Arief Indra Kusuma Adhi, SH, M.Hum, belum dapat ditemui. Saat dihubungi melalui ponselnya, belum tersambungkan.

"Bapak Kajari sedang ada acara vicon, Kasi Intel sedang ada tugas di Bengkulu," kata staf PTSP Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong, Jum'at (9/12/2022).

Korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang harus dihadapi dengan cara yang luar biasa dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

BACA JUGA:Di Lebong, Baru Desa Air Kopras yang Berani Terapkan Wilayah Bebas Korupsi, Desa Lain Kapan ?

Sebagai bentuk penyadaran publik dan pelibatan masyarakat telah ditetapkan bahwa tanggal 9 Desember merupakan Hari Anti Korupsi Sedunia.

Dalam edaran ini, Ketua KPK juga menyampaikan Hakordia tahun 2022 merupakan salah satu upaya menyampaikan laporan kepada publik tentang langkah-langkah pencegahan dan pemberantasan korupsi yang selama ini dilakukan, baik oleh KPK maupun pemangku kepentingan antikorupsi lainnya.

Dengan tema Indonesia Pulih Bangkit Lawan Korupsi, Hakordia 2022 diharapkan dapat menjadi tonggak untuk menguatkan kembali semangat dalam partisipasi seluruh lapisan masyarakat dalam mencegah dan memberantas korupsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kpk ri