Gorong-Gorong Ambruk, Jalan Desa Terancam Putus

Gorong-Gorong Ambruk, Jalan Desa Terancam Putus

Amblas: Tampak kerusakan pada gorong-gorong jalan akses utama desa Danau Liang terancam putus.-foto : adrian roseple/radar lebong-redaksi

LEBONG TENGAH, RADARLEBONG.ID  - Cuaca ekstrim dengan intensitas curah hujan lebat yang terus terjadi di wilayah Kabupaten Lebong mengakibatkan kerusakan pada ruas jalan utama desa Danau Liang kecamatan Lebong Tengah.

Pasalnya sebagian gorong-gorong jalan mengalami ambruk serta tebing sisi badan jalan longsor dan membuat jalan terancam putus.

Kepala Desa (Kades) Danau Liang, Endang Karyawan mengatakan amblasnya sebagian gorong-gorong jalan tersebut, diduga karena tidak kuat menahan tekanan air yang disebabkan hujan deras yang terus-menurus terjadi pada Selasa (29/11) lalu, akibatnya kurang lebih setengah meter gorong-gorong jalan ambruk dan tebing jalan mengalami longsor.

"Gorong-gorong jalan itu terlalu sempit dan tidak mampu menahan tekanan air, sehingga sebagiannya ambruk dan jalan terancam putus," kata Kades.

BACA JUGA:Jalan Dusun III Danau Liang Belum Tersentuh Aspal

Menurut Kades, kerusakan pada gorong-gorong jalan dan tanah longsor tersebut, jika tidak segera dilakukan perbaikan akan membuat kerusakan menjadi semakin parah dan bisa menyebabkan akses jalan utama di desa Danau Liang terputus.

Untuk itu, pihaknya berharap Pemkab Lebong maupun Dinas PUPR-Hub Lebong dapat segera mengambil tindakan untuk melakukan upaya perbaikan.

"Di lihat dari kerusakannya perlu segera  dilakukan perbaikan, karena  gorong-gorong yang masih tersisa sudah mengalami banyak retak. Apabila hujan lebat kembali terjadi, tidak menutup kemungkinan seluruh gorong-gorong jalan tersebut akan ambruk," pungkasnya.

Diketahui, akses jalan utama di desa Danau Liang ini tidak hanya dilalui warga setempat dan para petani dari berbagai desa tetangga lainnya, namun juga menjadi akses yang setiap harinya dilewati oleh kendaraan milik PT. Pertamina Geothermal Energy (PGE) Hulu Lais yang melakukan aktivitas di daerah tersebut.

Sumber: