Pelatihan Sertifikasi Tukang, Belum Seluruh Dinyatakan Kompeten

Pelatihan Sertifikasi Tukang, Belum Seluruh Dinyatakan Kompeten

Praktek: Peserta sertifikasi tukang batu saat melakukan praktek dilapangan membuat bak sampah di Di Dinas PUPR-Hub Lebong.-foto : amri rakhmatullah/radarlebong-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Dari 27 pekerja konstruksi atau tukang yang mengikuti program pelatihan kompetensi oleh Bidang Jasa Konstruksi (Jakon) Dinas PUPR-Hub Lebong yang dilaksanakan pada tanggal 14 hingga 15 November  2022 lalu tak seluruhnya lulus.

"22 peserta yang dinyatakan lulus atau kompeten, 5 peserta dinyatakan belum kompeten," kata Kabid Jakon Dinas PUPR-Hub Lebong Eldi Satria, ST

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Balai Jasa Kontruksi Wilayah II Palembang.

Selain pemberian materi diruangan, peserta juga dilaksanakan praktek di lapangan. Kemudian oleh mereka dilakukan penilaian apakah peserta dinyatakan kompeten atau belum kompeten.

BACA JUGA:Praktek Uji Langsung Sertifikasi Tukang

Bagi peserta yang kompeten akan mendapatakan sertifikat dari Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi atau LPJK.

"Saat ini sertifikat LPJKnya masih dalam dalam proses. Jika sudah selesai baru nanti dibagikan," jelasnya.

Tambah Eldi, program ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong dalam meningkatkan kualitas pekerja konstruksi yang ada di Kabupaten Lebong.

"Program kegiatan sertifikasi tukang ini merupakan yang ke lima kalinya dilaksanakan di Kabupaten Lebong. Dengan target, tahun selanjutnya semoga kegiatan yang sama kembali berlanjut," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: