Kecamatan Amen Juara Bertahan Lomba Adminduk Tingkat Provinsi

Kecamatan Amen Juara Bertahan Lomba Adminduk Tingkat Provinsi

Juara: Gubernur Bengkulu menyerahkan penghargaan Juara Pertama Tertib Adminduk Tingkat Provinsi kepada Camat Amen. -foto: istimewa-

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Kerja keras seluruh seluruh jajaran pemerintah di Kecamatan Amen, memang patut diacungi jempol.

Buktinya, sudah 3 kali berturut-turut kecamatan ini berhasil keluar sebagai juara pertama penilaian tertib administrasi kependudukan (adminduk) tingkat Provinsi Bengkulu.

Penghargaan ini diserahkan langsung Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, bertepatan dengan HUT ke-54 Provinsi Bengkulu kepada Camat Amen, Drs. Safliludin, M.Si, beserta uang pembinaan sebesar Rp 20 juta sebagai pemenang Pilot Project Terbaik Tertib Adminduk.

Plt. Kepala Dinas Dukcapil Lebong, Drs. Budi Setiawan melalui Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Tri Handayani, M.Si mengungkapkan jika dari seluruh kriteria penilaian Pilot Project Tertib Adminduk, Kecamatan Amen dinyatakan yang terbaik dengan memenuhi semua kriteria yang ditetapkan.

BACA JUGA:Ini 4 Kecamatan Juara Lomba Pilot Project Tertib Adminduk 2022

Beberapa kriteria penilaian ini diantaranya perekaman adminduk sudah mencapai 100 persen, mulai dari perekaman KTP elektronik (KTP-el), akta kelahiran hingga Kartu Identitas Anak (KIA).

"Alhamdulillah, setelah melalui berbagai tahapan lomba pilot projeck tertib adminduk. Kecamatan Amen ditetapkan sebagai juara pertama tingkat Provinsi Bengkulu, dan berhasil meraih piagam penghargaan dan uang sebesar Rp 20 juta," katanya.

Ia juga berharap agar hal ini bisa menjadi motivasi bagi kecamatan lain dalam Kabupaten Lebong untuk terus meningkatkan kualitas adminduk diwilayah masing-masing.

Tertib adminduk ini, harus diwujudkan mulai dari tingkat desa dan kelurahan hingga ke tingkat Kabupaten.

BACA JUGA:Lomba Pilot Project, Satu Kecamatan di Lebong Melenggang ke Provinsi

"Semoga tahun berikutnya, semakin banyak kecamatan di Lebong bisa mengikuti penilaian ini dan tetap menjadi yang terbaik pertama tingkat provinsi Bengkulu," harapnya.

4 Kecamatan di Kabupaten Lebong berhasil menjuarai lomba Pilot Project Tertib Administrasi Kependudukan (Adminduk) tahun 2022 yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lebong.

Selain penerima piagam penghargaan, para juara juga menerima reward berupa uang Pemkab Lebong.

Keempat kecamatan yang menjadi juara dalam lomba ini diantaranya Kecamatan Amen sebagai juara I disusul Kecamatan Lebong Utara sebagai juara II, kemudian Kecamatan Rimbo Pengadang sebagai juara III dan Kecamatan Bingin Kuning sebagai juara harapan.

Proses perekapan dari lomba ini lomba ini sudah dilakukan sejak Maret 2022 dan dilanjutkan hingga pertengahan Agustus.

Perekapan ini diantaranya administrasi kependudukan, publikasi kependudukan, tata kelola arsip atau pendokumentasian, sarana dan prasarana, pencapaian target kepemilikan dokumen warga serta inovasi kependudukan setiap kecamatan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: