Jangan Lupa, Ibu Ibu Rutinitas ke Posyandu Tiap Bulan

 Jangan Lupa, Ibu Ibu Rutinitas ke Posyandu Tiap Bulan

Tak hanya imunisasi, namun banyak kegiatan lain dengan rutin ke posyandu-Foto Dokumentasi-redaksi

AMEN, RADARLEBONG.ID  - Kepala Puskesmas Sukaraja Kecamatan Amen, Widya Astuti, SKM meminta para orang tua khusunya yang memiliki anak balita agar  rutin membawa balitanya ke posyandu setiap bulan.

Rutinitas ini, katanya, sebagai upaya untuk mencegah balita mengalami kasus gizi buruk atau stunting.  

Menurut Widya, selama ini kaum ibu-ibu di wilayah tersebut hanya membawa anaknya ke posyandu saat masih dalam masa imunisasi. Namun apabila imunisasinya sudah lengkap, maka para ibu-ibu  tidak pernah lagi membawa balitanya ke posyandu.

"Ke posyandu tidak hanya untuk imunisasi, tetapi juga melakukan deteksi dini tumbuh kembang (DDTK)," katanya. 

BACA JUGA:Posyandu Yuk, Banyak Manfaatnya

Widya tak menampik masih cukup banyak orang tua di wilayahnya yang jarang datang ke puskesmas ataupun ke posyandu untuk melakukan konsultasi kesehatan pada anaknya.

Padahal dengan membawa bayi atau balita ke pusat pelayanan kesehatan maka kesehatan gizinya akan terpantau.

"Sebenarnya masalah gizi kurang, stunting, dan gangguan kesehatan lainnya akan bisa diatasi apabila masyarakat mau peduli, mau datang ke posyandu agar bisa segera mendapat penanganannya," terangnya.

Widya menambahkan, dengan membawa bayi atau balita ke posyandu juga orang tua tidak perlu khawatir karena setiap pelayanan kesehatan akan memberikan penanganan yang maksimal apalagi pelayanan itu sudah disediakan secara gratis oleh pemerintah.

"Harapan kami bawalah bayi atau balita, ibu hamil, ibu nifas, ibu menyusui dan aseptor KB ke puskesmas atau posyandu agar bisa terhindar dari gizi buruk atau penyakit lainnya," singkatnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: