Bulan Juni Puncak Kasus DBD

Bulan Juni Puncak Kasus DBD

FOGGING: Petugas Dinas Kesehatan Bersama Puskesmas Muara Aman saat melakukan fogging. --

LEBONG UTARA, RADARLEBONG.ID - Dari kurun waktu Januari hingga November terdata 11 kasus DBD terjadi di wilayah Puskesmas Pasar Muara Aman.

Rinciannya, Bulan Januari terdapat 2 kasus DBD, Juni 4 Kasus DBD, Juli 1 Kasus DBD, September 3 kasus DBD dan Oktober 1 Kasus DBD. Terlihat pada Bulan Juni puncak kasus DBD menyerang warga dengan ditemukannya 4 kasus. 

Kepala Puskesmas Muara Aman Sri Hastuti, mengatakan kasus DBD ini akibat cuaca ekstrem saat ini yang terjadi.

"Terjadinya Kasus DBD ini seiring kondisi cuaca ekstrem yang terus terjadi dengan tingkat mobilisasi yang tinggi atau daerah yang padat penduduk," kata Kapus.

BACA JUGA:DBD Tembus 87 Kasus, 2 Meninggal Dunia

Meski demikian, pihaknya akan terus memantau dan melakukan surveilens penyelidikan epidemiolgi untuk memyelidiki keberadaan jentik nyamuk untuk segera ditangani. 

"Maka dari itu kami berharap adanya kerjasama dengan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam upaya mencegah perkembangan nyamuk aedes aegypti," jelasnya.

Ditambahkannya, tidak menuntup kemungkinan sampai akhir tahun mendatang jumlah kasus DBD bisa saja bertambah diwilayahnya. Apalagi musim penghujan masih saja terjadi dan terus mengguyur wilayah Kabupaten Lebong.  

"Kebersihan lingkungan adalah kunci utama untuk memutus siklus perkembangan nyamuk DBD, karena fogging hanya membunuh nyamuk dewasa saja," singkatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: