Mohon Bersabar, PKH Tahap IV Belum Cair, Simak Penyebabnya

Mohon Bersabar, PKH Tahap IV Belum Cair, Simak Penyebabnya

Ilustrasi Papan Nama Penerima PKH-Tangkapan Layar-radarlebong.id

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Tampaknya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) mesti harus bersabar lebih lama untuk menunggu penyaluran tahap empat. 

Pasalnya, hingga saat ini Dinas Sosial (Dinsos) Lebong masih menunggu petunjuk pusat. 

Plt. Kepala Dinsos Lebong, Puji Warno, S.Pd melalui Koordinator PKH Kabupaten Lebong, Sri Utami, SE mengatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan petunjuk penyaluran PKH tahap empat tahun anggaran 2022. 

"Sejauh ini kami belum menerima data bayar atau petunjuk terkait penyaluran PKH tahap empat. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini sudah ada pemberitahuan dari pusat mengenai program tersebut," kata Sri.

BACA JUGA:Pastikan Tepat Sasaran, Dinsos Lebong Pasang Papan Merek di Rumah 8.245 KPM PKH

Diungkapkannya, berdasarkan data triwulan III, total keseluruhan KPM penerima PKH di Lebong ada sebanyak 4.600 KPM. Jumlah tersebut tersebar di 93 desa 11 kelurahan di 12 kecamatan dalam wilayah Kabupaten Lebong. 

"Tidak menutup kemungkinan jumlah KPM penerima PKH ini berkurang, karena bisa saja sebagaian penerima sudah mengundurkan diri dari daftar penerima PKH," sampainya. 

Sri menjelaskan, untuk besaran nilai yang didapat masing-masing KPM bervariasi sesuai dengan komponen penerima.

Seperti kompen kesehatan yang terdiri dari balita dan ibu hamil masing-masing mendapatkan sebesar Rp 750 per tahap.

BACA JUGA:4.227 KPM di Lebong Sumringah, PKH Tahap III Cair

komponen pendidikan tingkat SD Rp 225 ribu per tahap, SMP Rp 375 per tahap, dan SMA Rp 500 per tahap, selanjutnya komponen Kesejahteraan Sosial terdiri dari Disabilitas dan lanjut usia masing-masing mendapatkan Rp 600 per tahap. 

"Besaran yang akan diterima masing-masing KPM tidak sama, karena akan diberikan sesuai komponen yang dimiliki penerima.

Harapan kami para KPM penerima PKH dapat menggunakan bantuan tersebut dengan bijak, sehingga bantuan dari pemerintah tersebut tidak menjadi sia-sia dan bisa membantu meringankan ekonomi masyarakat itu sendiri," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: