Getah Karet Kian Melorot, Hanya di Hargai Segini

Getah Karet Kian Melorot, Hanya di Hargai Segini

Karet: Salah satu petani saat menjukan pohon karet yang menjadi sumber mata pencarian. -Foto Carles/radarlebong-redaksi

LEBONG TENGAH, RADARLEBONG.ID  - Para petani karet di Kecamatan Lebong Tengah mengeluhkan harga getah karet yang tak kunjung membaik.

bahkan saat ini harga karet kembali turun menjadi Rp 5 ribu, dari harga sebelumnya Rp 8 ribu rupiah per kilogram. Dengan kondisi tersebut petani meminta agar Pemerintah dapat membantu menaikan harga jual karet. 

Yasir (40), petani karet mengatakan jika sudah setahun terakhir harga karet belum juga membaik, anjloknya harga jual karet inipun membuat para petani terus mengeluh dan meminta pemerintah dapat menaikan harga karet. 

"Sudah setahun terakhir harganya terus anjlok, dari Rp 8 ribu menjadi Rp 5 ribu rupiah per kilogram. Untuk itu, harapan kami (petani,red) harga karet bisa kembali membaik minimal Rp 10 ribu rupiah," kata Yasir. 

BACA JUGA:Pak Presiden Joko Widodo, Harga Karet Masih Anjlok

Diakuinya, saat ini banyak petani yang sudah berhenti menyadap pohon karet lantaran hargannya yang terus anjlok.

 Padahal, rata-rata petani hanya mengandalkan karet untuk memenuhi kebutuhan mulai dari menyekolahkan anak hingga memenuhi biaya sehari-hari. 

"Beruntung sekarang Lebong sedang musim durian, sehingga kami para petani bisa beralih profesi. Tapi itukan tidak lama, maka dari itu harapan kami pemerintah dapat memperjuangkan kenaikan harga jual karet," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: