Pemuda Tonggak Kuat Menuju Kemerdekaan

Pemuda Tonggak Kuat Menuju Kemerdekaan

Pemuda: Pemkab Lebong melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94.-foto dokumentasi-humas pemkab lebong

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Pemkab Lebong kemarin (28/10) menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 tahun 2022 di halaman upacara Kantor Bupati Lebong. 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Asisten I Setkab Lebong, Drs. Firdaus, M.Pd.

"Hari sumpah pemuda memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan," katanya.

Tema peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, lanjutnya, Bersatu Bangun Bangsa, memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan.

BACA JUGA:Lobi Pembangunan UKK Imigrasi, Bupati Bengkulu Utara Temui Yasonna

"Karena dengan ketangguhan dan persatuan menjadi sebuah kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia," lanjutnya.

Sejarah telah membuktikan, kata Firdaus, pilihan para pemuda waktu itu menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. 

"Peran pemuda tercatat dengan tinta emas sepanjang masa. Pemuda hari ini adalah tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang," terangnya.

BACA JUGA:Lurah Dukung Dana Kelurahan Kembali Dikucurkan

Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa.

"Jika kita melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan," pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: