Ratusan Pelajar SD Lebong Selatan 'Numpang' ANBK di SMP 6 Lebong

Ratusan Pelajar SD Lebong Selatan 'Numpang' ANBK di SMP 6 Lebong

ANBK: Jalannya pelaksanaan ANBK tingkat SD yang menumpang di SMPN 6 Lebong. -Foto Carles Jaya/radarlebong-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Ratusan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) yang berada di kecamatan Lebong Selatan terpaksa harus mengerjakan Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di sekolahan SMP karena minimnya ketersediaan sarana komputer.

Adapun ke 7 SD yang menumpang tersebut diantaranya SDN 65 sebanyak 28 orang siswa, SDN 40 sebanyak 30 Orang, SDN 38 sebanyak 3 orang, SDN 36 sebanyak 13 orang, SDN 34 sebanyak 6 orang, SDN 44 sebanyak 1 orang, dan SDN 46 sebanyak 5 orang.

"Benar, tahun ini ada 7 SD yang melaksanakan ANBK di SMP N 6 Lebong  dengan keseluruhan jumlah anak sebanyak 86 orang siswa," kata kepala SMPN 6 Lebong Deri Haryanto M.Pd saat diwawancarai Radar Lebong kemarin. 

Menurut Deri, ke 7 sekolah yang melaksanakan ANBK di SMP 6 Lebong tersebut dikarenakan  sekolahnya belum memiliki fasilitas komputer yang memadai, hal ini lah yang membuat mereka harus menumpang ujian di sekolah ini.

BACA JUGA:Kesulitan Operasikan Komputer Warnai Pelaksanaan ANBK SD

"Walaupun harus menumpang di SMP kita, namun untuk jadwal pelaksanaan ANBK sendiri  akan tetap di jadwalkan," ucapnya.

Menurut Deri, ke 7 SD memilih sekolah yang berada di SMP tersebut mengingat sekolahna  sudah mempunyai sarana lengkap, yakni komputer serta jaringan internetnya.

"ANBK ini untuk melihat kemampuan siswa masing-masing, selama mengikuti pembelajaran selama ini. Sedangka dalam pelaksanaan ANBK ini,

ada 2 jenis Soal literasi soal lebih banyak membaca, dan  Numerasi tentang masalah penghitungan. Dimana agar peserta memiliki gambaran soal, model, dan jenis soal, termasuk memberikan gambaran prosedur kerja pelaksanaan ANBK, Gelombongan 1, tanggal 24 dan 25, gelombang dua tanggal  26 dan 27 dan gelombongan tiga pada tanggal  31 dan 1," tutup Deri. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: