Dam Sabo Dangkal, Puluhan Hektar Sawah Terancam Banjir

Dam Sabo Dangkal, Puluhan Hektar Sawah Terancam Banjir

Dam Sabo kembali jebol meski telah dilakukan perbaikan sementara ke 5 kalinya.Tampak survey Tim kedaruratan dan logistik BPBD Lebong melakukan survey hulu sungai I Dam Sabo beberapa waktu lalu.-Foto Dokumentasi-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Dari hasil survei yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, aliran hulu sungai I Dam Sabo mengalami pendangkalan.

Dikhawatirkan, hal ini bisa menyebabkan banjir pada puluhan hektar sawah warga. 

Plt. Kepala BPBD Lebong, Tantomi, SP melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Tantawi, SP, mengatakan dari survei yang dilakukan didapati terjadinya pendangkalan pada aliran hulu sungai I Dam Sabo. 

Kondisi ini dikhawatirkan bisa menyebabkan banjir yang dapat berdampak pada puluhan hektar sawah warga, terlebih pada musim penghujan seperti saat ini. 

BACA JUGA:Tolong, Perbaiki Dam Sabo yang Terus Jebol

"Sesuai laporan masyarakat kami sudah turun ke lapangan. Setelah di survei, terjadi pendangkalan pada aliran hulu sungai I Dam Sabo," ungkapnya. 

Tantawi mengaku atas temuan ini, pihaknya sudah menyurati Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Provinsi Bengkulu untuk segera dilakukan normalisasi pada aliran sungai Dam Sabo ini. 

"Sekarang memang memang belum terlalu berdampak, tetapi jika normalisasi tidak segera dilakukan maka ancaman banjir ini akan menghantui masyarakat kita," lanjutnya. 

Pihaknya juga mengimbau kepada pemerintah desa maupun keurahan untuk dapat menyampaikan laporan mengenai lahan pertanian maupun pemukiman yang terdampak bencana alam. 

"Kami seluruh kalangan masyarakat dapat berperan memberikan laporan, apabila ada hal-hal yang perlu segera ditindak lanjuti mengenai bencana alam," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: