Target UHC Belum Tercapai, Lebong Usul 9.552 Warga Terima JKN-KIS

Target UHC Belum Tercapai, Lebong Usul 9.552 Warga Terima JKN-KIS

Kabid Sosial, Jusraweni, SE -Foto Adrian Roseple/radarlebong-

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebong belum lama ini mengusulkan sebanyak 9.552 ribu Data Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai calon penerima program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). 

Saat ini usulan tersebut masih dalam proses verifikasi oleh pihak Pusdatin. 

"Alhamdulillah, saat ini usulan kita sudah dilakukan verifikasi oleh pusdatin," kata Plt. Kepala Dinsos, Lebong, Puji Warno, S.Pd melalui Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial, Jusraweni, SE.

Disebutkannya, progres pencapaian Universal Health Coverage (UHC) Kabupaten Lebong sampai dengan bulan September 2022 lalu, dari total jumlah penduduk Semester I yakni 110.223 jiwa.

BACA JUGA:Capai UHC, Tinggal 18.418 Warga Lebong yang Belum Terdaftar JKN

Sebanyak 100.543 jiwa atau 91,21 persen sudah terdaftar menjadi kepesertaan JKN. Sedangkan yang belum terdaftar sebanyak 9.690 jiwa atau 3,79 persen. 

"Target pencapaian UHC Kabupaten Lebong 98 persen dari total 110.223 jiwa penduduk Lebong, dan sampai saat ini kami masih terus berusaha input data DTKS," ujarnya. 

Jusraweni menambahkan, pihaknya akan terus berupaya agar UCH Kabupaten Lebong bisa tercapai target, sehingga seluruh masyarakat bisa terdaftar dalam program JKN-KIS yang ditanggung oleh APBN pusat. 

"Fasilitas yang akan didapat peserta JKN KIS adalah fasilitas kesehatan di tingkat pertama atau biasa disebut Faskes I. Mudah-mudahan di tahun ini UHC Kabupaten Lebong bisa mencapai target 98 persen," tandasnya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: