Cek Baik-Baik, 130 Makanan Kadaluarsa Masih Beredar di Toko Modern hingga Toko Swalayan di Lebong

Cek Baik-Baik, 130 Makanan Kadaluarsa Masih Beredar di Toko Modern hingga Toko Swalayan di Lebong

Dinkes Lebong minta warga mempelototi produk makanan dan minuman yang dibeli.-foto dokumentasi-

LEBONG, RADARLEBONG.ID  - Peringatan bagi masyarakat yang ingin membeli kebutuhan makanan di pasaran agar lebih teliti mengecek masa expired atau kedaluarsa.

Pasalnya, dari pengecekan Disperindagkop dan UKM Lebong ditemukan ada 130 jenis makanan dan minuman expired, masih beredar di wilayah Pasar Tradisional Muara Aman Lebong.

"Kami melakukan uji petik di pasar Muara Aman sudah dua hari yang lalu, mulai dari toko modern hingga toko swalayan lainnya.

Dari hasil pengecekan didapati ada kurang lebih 130 jenis makanan mulai dari mie instan, minuman kemasan, saos, kecap botol dan beberapa makanan instan lainnya yang sudah kedaluarsa," ungkap Plt. Kepala Disperndagkop dan UKM Lebong, Iwan Jang jaya, SE melalui Kabid Perdagangan, Arnaldi Sucipto, ST, ME. 

BACA JUGA:Optimalkan Pengawasan Obat dan Makanan, BPOM Gandeng Pemkab Lebong

Selain makanan yang sudah kedaluarsa, lanjutnya, bentuk kemasan juga menjadi perhatian dalam pengecekan yang dilakukan pihaknya ini.

Ditemukan, adanya beberapa makanan dalam keadaan rusak makanan dengan kemasan kaleng.

"Seperti susu sebanyak 7 kaleng sudah kondisi rusak, kemudian ada minuman 1 pcs dan makanan instan," terangnya. 

Pemilik toko yang kedapatan masih memajang makanan dan minuman expired ini sudah diberikan peringatan langsung oleh pihaknya. 

Bahkan, pemilik toko juga diminta untuk mengecek kembali kondisi barang dagangan mereka. 

"Untuk yang tidak bisa di kembalikan, maka kita sarankan untuk langsung di lakukan pemusnahan, agar barang tersebut tidak kembali di jual di pasaran," singkatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: