65 Guru Madrasah Kemenag Daftar PPG

65 Guru Madrasah Kemenag Daftar PPG

Kepala Kemenag Lebong, Arief Azizi, S.Ag, MH -Foto Adrian Roseple/radarlebong-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Sebanyak 65 guru madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebong telah mendaftar mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun ini yang diselenggarakan oleh Direktorat dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Kemenag. 

Kepala Kemenag Lebong, Arief Azizi, S.Ag, MH melalui Kasi Pendidikan Islam kantor Kemenag Lebong, Aji Agus Salim M Pd menjelaskan puluhan guru madrasah tersebut merupakan guru yang berasal dari TK, SD, dan  SMP Pai yang berada dibawah naungan Kemenag Lebong.

"Benar, sekitar 65 guru di naungan Kemenag Lebong yang ikut program PPG" kata Aji.

Disampaikan Aji, dari jumlah 65 Guru tersebut merupakan dari kalangan guru honorer dan juga Aparatur Sipil Negara (ASN).

BACA JUGA:46 Guru Lebong Daftar Guru Penggerak

Menurutnya jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat PPG ini juga menjadi syarat untuk mengikuti seleksi PPPK.

"Kita menargetkan pada 2023 mendatang semua guru PAI dan madrasah di haruskan mendapatkan sertifikasi. Karena sertifikasi sendiri merupakan amanat UU 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam regulasi tersebut menegaskan soal perlunya profesionalitas yang harus dimiliki guru," sampainya.

Lebih jauh ditambahkannnya, PPG terutama dalam Jabatan bagi Guru Madrasah ini prosesnya melalui dua skema pembiayaan.

Pertama, dibiayai DIPA Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Kedua, dibiayai dari APBD Lebong.

"Dengan demikian guru yang sudah lolos PPG berhak mendapatkan Tunjangan Profesi Guru (TPG). Untuk guru PAI PNS, pembayaran TPG dilakukan oleh Kemenag Kabupaten. Sementara pembayaran GPAI non PNS dilakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: