Harga Durian Terjun Bebas

Harga Durian Terjun Bebas

Tampak buah durian membanjiri Lebong sehingga membuat harga durian terjun bebas.-Foto Carles Jaya/radarlebong-

LEBONG , RADARLEBONG.ID  - Meskipun durian Lebong baru satu bulan muncul (bermusim,red).

Namun harganya saat ini sudah mulai turun dari harga awal musimnya. Seperti halnya pedagang durian yang berada di Kecamatan Lebong Tengah

Berdasarkan pantauan Radar Lebong Kalau sebulan yang lalu, harga jual dari tingkat pedagang harga durian berukuran besar di bandrol berkisar Rp 25 ribu per biji. Kini harga tersebut sudah turun berkisar antara Rp 10 ribu per biji.

Salah seorang pedagang durian Endang (30), mengatakan, alasan turunnya harga durian di lebong saat ini lantaran sudah semakin banyaknya buah durian yang jatuh dari pohonnya.

BACA JUGA:Petani Menjerit, Harga Pupuk dan Racun Kian Mencekik

Sehingga, pemilik kebun durian kian hari semakin bertambah panennya.

"Dengan banyaknya durian otomatis harga durian pun akan turun harganya. Namun jika durian sudah mulai sedikit maka harganya akan kembali naik," kata Endang.

Lanjut Endang, jika untuk pemasarannya kalau hanya berharap dengan konsumen yang ada di sekitar desa dan wilayah kecamatan setempat, menurutnya, tidak mungkin habis.

Sehingga, dijual kepada pengumpul (tangan kedua, red). Kemudian pengepul itu nanti menjualnya kepada pedagang musiman (tangan ketiga, red).

BACA JUGA:Harga Ayam Potong Sudah Tidak Mahal, Pembeli Tetap Sepi

"Biasanya durian Lebong ini banyak di jumpai di kota Curup," ucapnya.

Sementara itu, petani durian Markos (30) yang berada di Kecamatan Lebong Tengah, menyampaikan jika turunnya harga durian, hampir terjadi di seluruh kecamatan yang berada di kabupaten Lebong.

"Seperti halnya, di Kecamatan Lebong Tengah,  harga durian kita jual kisaran Rp 10 ribu untuk ukuran sangat besar sedangkan untuk ukuran kecil di bandrol harga Rp 5 ribu kecil, dan ukuruan sedang Rp 7 ribu perbuah," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: