Praktek Uji Langsung Sertifikasi Tukang

Praktek Uji Langsung Sertifikasi Tukang

Kabid Jasa Konstruksi (Jakon) Eldi Satria, ST-Foto Amri Rakhmatullah/radarlebong-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Tahun ini pelaksanaan uji kompetensi pekerja konstruksi atau tukang tahun ini bakal berbeda.

Jika sebelumnya dilakukan terpusat di dalam gedung, tahun ini Bidang Jasa Konstruksi (Jakon) Dinas PUPR-Hub Lebong berencana menggelar kegiatan sertifikasi tersebut langsung ke lokasi proyek yang saat ini sedang berjalan.

Kabid Jasa Konstruksi (Jakon) Eldi Satria, ST menjelaskan dalam anggaran yang tersedia untuk menggelar kegiatan tersebut hanya tersedia Rp 40 juta.

Ditargetkan ada 3 lokasi proyek yang akan menjadi sasaran dalam menggelar kegiatan ini. Paling cepat akan dilaksanakan akhir Oktober dan paling lambat digelar awal November. 

BACA JUGA:Sertifikasi untuk Tukang Diundur Dulu Ya

"Jika dalam 1 proyek kegiatan ada 20 peserta, maka ditargetkan ada 60 tukang terdiri dari tukang batu, besi dan tukang plaster yang mengikuti pelatihan uji kompetensi ini," terangnya.

Dalam pelaksanaan sertifikasi tukang tersebut nantinya dari Bidang Jakon Dinas PUPR-Hub Lebong akan menggandeng Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang

 "Sesuai dengan UU nomor 18 tahun 1999 dan dipertegas kembali dalam UU Nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Kontruksi, seluruh pekerja yang diperkerjakan harus mengantongi sertifikasi dari LPJK resmi. Dan saat ini sudah 300 tukang yang berkompeten yang telah mengikutinya," singkatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: