Pemilihan Duta Generasi Berencana 2022 Tingkat Remaja Segera Digelar

Pemilihan Duta Generasi Berencana 2022 Tingkat Remaja Segera Digelar

Kabid Pengendalian Penduduk, Imelda Diansari, SH.-Foto Adrian Roseple/radarlebong-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID -  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Lebong kembali memfasilitasi atau membuka pendaftaran pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) tahun 2022. 

Pembukaan pendaftaran ini rencananya akan di mulai pada 14 hingga 18 Oktober mendatang. Hal ini disampaikan Plt. Kepala DP3APPKB Lebong, Jafri, S.Sos melalui Kabid Pengendalian Penduduk, Imelda Diansari, SH.

"Benar, tahun ini kita kembali memfasilitasi Duta GenRe tahun 2022. Untuk kualifikasi pesertanya yaitu remaja berumur 15 hingga 20 tahun baik dari kaum laki-laki maupun perempuan," ungkap Dian. 

Dijelaskan Dian, bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun. Hanya saja dalam hal ini pihaknya (DP3APPKB,red) hanya sekedar memfasilitasi bagi para pelajar yang berminat untuk mengikuti pemilihan Duta GenRe. 

BACA JUGA:Bengkulu Utus Tiga Besar Lomba Asik Bang ke Nasional

Tujuan diselenggarakannya pemilihan ialah untuk meningkatkan kualitas pemberian akses informasi, pendidikan, konseling, sikap, dan perilaku yang positif, dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial bagi para remaja.

"Kami hanya sekedar memfasilitasi saja, salah satunya yakni mensosialisasikan kegiatan ataupun program, seperti mencegah pernikahan dini, pencegahan seks bebas dan menghindari nafzah," kata Dian sapaan akrabnya.

Selain itu, dalam seleksi yang akan dilaksanakan pihaknya tersebut para peserta nantinya akan di seleksi langsung oleh panitia juri, yang meliputi pengetahuan, sikap dan perilaku terkait substansi GenRe. Kemudian skills terkait kedutaan, skills kepemimpinan dan skills adaptasi digital.

"Jadi para peserta yang mengikuti lomba duta genre ini nantinya akan mempromosikan dirinya di platform media masing-masing, nantinya pihak juri akan melakukan penilaian di media tersebut," sampainya.

Dian menambahkan, bagi peserta yang lulus seleksi nanti akan kembali di seleksi oleh pihak juri untuk menentukan juara 1,2 dan 3. 

Kemudian dilanjutkan tahap selanjutnya yaitu grand final pada 18 Oktober mendatang. Yang mana pada grand final nanti rencananya akan di hadiri langsung oleh Bupati Lebong, Kopli Ansori sekaligus melantik duta genre yang terpilih.

"Kami berharap bagi para remaja yang berminat atau menanyakan hal ini bisa langsung mendatangi kantor DP3APPKB Lebong. Dan untuk brosur persyaratan ataupun kualifikasi lainnya masih dalam proses, kemungkinan akan di sebarluaskan oleh panitia di media sosial dalam waktu dekat ini," demikian Dian. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: