Targetkan Adipura PKL Pasar Purwodadi Ditertibkan

Targetkan Adipura PKL Pasar Purwodadi Ditertibkan

Tampak penertiban pkl pasar purwodadi oleh tim gabungan.-Foto Firdaus Effendi/radarlebong-redaksi

BENGKULU UTARA, RADARLEBONG.ID - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara (BU) sepertinya serius menargetkan mendapatkan piala Adipura tahun 2022.

Hal tersebut terlihat, dengan dilakukannya penertiban di areal Pasar Purwodadi, dengan sasaran Pedagang Kaki Lima (PKL) yang masih membandel dengan berjualan di area sepanjang badan jalan oleh pihak tim gabungan.

Tim Gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Satpol PP dan Damkar dan Dinas Perhubungan (Dishub), pada Kamis (29/9).

"Penertiban ini merupakan kali ketiga, karena sudah kerap diperingatkan sebelumnya, namun tetap melanggar jadi terpaksa diambil tindakan tegas," ujar Kepala Dinas Perdagangan BU Suharlan, melalui Kabid Perdagangan DLH BU, Syahbani.

BACA JUGA:Wabup: Pelaku UMKM Wajib Melek Informasi

Dijelaskannya, penertiban ini sengaja dipusatkan untuk PKL yang berjualan di pinggir jalan, yang sengaja menggunakan badan jalan untuk berjualan.

Dimana, ini dinilai mengganggu para pengguna jalan. Dan penertiban ini akan rutin dilaksanakan setiap minggunya, mengingat hal ini salah satu penilaian Adipura.

Ia pun mengharapkan kerjasama semua pihak terutama semua pedagang PKL untuk mengikuti peraturan dan jangan dengan sengaja kembali berjualan di badan jalan atau lokasi yang memang dilarang.

"Selain mengganggu pengguna jalan, penertiban juga dilaksanakan agar tidak mengganggu jalannya lalu lintas di sekitaran pasar. Hal ini kita lakukan, setiap Minggu mengingat hal ini salah satu penilaian Adipura. Untuk pedagang yang telah ditertibkan, jika terulang lagi, dipastikan akan diberikan sanksi tegas," imbuhnya.

Pantauan di lapangan, tim gabungan melakukan pengangkutan barang-barang milik pedagang dan akan disita. Barang milik pedagang ini sendiri boleh diambil kembali di kantor Satpol PP dan Damkar, namun harus menyertakan surat perjanjian tidak akan kembali melanggar aturan berjualan di badan jalan kembali.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: