Kabar Baik, Seleksi Tahap Awal Magang ke Jepang Digelar November

Kabar Baik, Seleksi Tahap Awal Magang ke Jepang Digelar November

Plt. Kepala Disnakertrans Lebong, Beny Khodratullah, MM.-Foto Adrian Roseple/radarlebong-

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Siap-siap bagi calon peserta magang ke Jepang asal Kabupaten Lebong yang telah mendaftarkan diri ke Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Lebong.

Jika tidak ada kendala pada November 2022 mendatang, peserta pemagangan kerja ke jepang akan mengikuti seleksi tahap awal secara gratis di Provinsi Bengkulu. 

Plt. Kepala Dinas Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lebong, Beny Khodratullah, MM mengatakan sesuai petunjuk Provinsi seleksi tahap awal program pemagangan kerja ke Jepang digelar bulan November mendatang.

Yang mana dalam tahapan seleksi para peserta hanya dikenakan biaya transpor saja, sedangkan untuk biaya pendaftaran akan digratiskan, termasuk juga biaya penginapan hotel akan ditanggung pusat. 

BACA JUGA:Magang ke Jepang Masih Dibuka, Cek Jadwal Pendaftarannya

BACA JUGA:Magang ke Jepang, Kemenaker Beri Angin Segar, Ini Dia

"Jadwal seleksi tahap awal dimulai tanggal 14 sampai 28 November mendatang. Berdasarkan informasi biaya pendaftaran akan digratiskan, termasuk biaya penginapan dan makan selama seleksi di provinsi akan ditanggung pusat," ujarnya. 

Dijelaskannya, seleksi tahap awal ini peserta nantinya akan menjalani pengecekan fisik, kesamaptaan dan matematika dasar.

Setelah lulus seleksi tahap awal, selanjutnya mereka (peserta,red) akan mengikuti kursus bahasa Jepang. Jika dinyatakan lulus, maka peserta mengikuti tes medikal cek up untuk pemberangkatan ke Jepang.

"Bagi peserta yang tidak lulus nantinya, bisa kembali mendaftar magang ke Jepang untuk periode berikutnya, dengan bekal pengalaman yang sebelumnya telah dilalui," jelasnya.

Beny menambahkan, sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah pusat dalam satu provinsi minimal jumlah peserta magang kerja ke jepang sebanyak 150 orang.

Sedangkan untuk jumlah peserta pemagangan di Kabupaten Lebong yang sudah resmi mendaftar tercatat ada sebanyak 18 orang calon peserta.

"Sampai saat ini peserta yang sudah menyerahkan berkas formulir pendaftaran sebanyak 18 orang, dan sejauh ini kita masih menunggu pengembalian berkas, karena sebelumnya ada banyak yang mengambil formulir pendaftaran," tandasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: