Ada 67 Perpusdes di Lebong Tapi Belum Optimal

Ada 67 Perpusdes di Lebong Tapi Belum Optimal

Kunjungan: Dinas Perpusda Lebong saat mengunjungi perpustakaan desa Kota Baru kecamatan Uram Jaya. -foto dokumentasi-dinas perpustakaan lebong

LEBONG TENGAH, RADARLEBONG.ID - Dinas Perpustakaan Daerah (Perpusda) Lebong mencatat saat ini ada 67 Perpustakaan Desa (Perpusdes) di wilayah tersebut belum sepenuhnya berjalan optimal.

Selain disebabkan minimnya dukungan anggaran, itu juga terjadi akibat minimnya sumber daya manusia untuk mengelola perpustakaan desa.

Plt. Kepala Dinas Perpusda, Jaswidodo, S.Sos, melalui Kepala Bidang pengolahan layanan pelestarian bahan pustaka Riza Susanti mengatakan jika saat ini dari 93 desa di kabupaten Lebong.

Hanya 67 desa saja yang  sudah memiliki perpusdes.

BACA JUGA:Verifikasi Calon Jemaah Haji 2023

"Namun dari jumlah tersebut seluruhnya belum sepenuhnya aktif karena minimnya pengelolaan dari Pemdes setempat," katanya.

Menurut Riza, dukungan dari pemerintah desa untuk pengembangan perpusdes memang sangat dibutuhkan. Apalagi, anggaran dari Pemerintah Daerah untuk mengelolanya sangat  terbatas.

Terlebih menurutnya Keberadaan perpusdes itu sendiri merupakan amanat yang tertuang dalam Peraturan Menteri Desa dan Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 19 Tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Pembangunan Dana Desa.

"Melalui aturan ini, sebenarnya dana desa bisa dialokasikan untuk pengembangan perpusdes. Jadi, tidak ada alasan lagi bagi pemerintah desa untuk tidak mengalokasikan anggaran untuk itu," katanya.

BACA JUGA:Asyik, Layanan Mobil Perpustakaan Keliling Go To School

Masih dikatakan Riza, bahwa pihaknya juga rutin turun lapangan, untuk mengecek satu persatu pengurus atau pengelolah perpustakaan desa.

Dengan demikian, Riza berharap kepada Pemerintah Desa tersebut dapat berkomitmen dan membantu meningkatkan perpustakaan agar dapat lebih maju dan berkembang, ditangah-tengah masyarakat.

"Terkhususnya kepada Kades juga kami berharap agar dapat memajukan, Perpusdes, sehingga kedepan Perpusdes ini bisa lebih aktif lagi sehingga dapat memajukan dan mengajak warga untuk membaca di perpustakaan tersebut," singkatnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: