Saat Patroli, Polhut Bengkulu Utara Tewas Tertimpa Pohon di Hutan TNKS

Saat Patroli, Polhut Bengkulu Utara Tewas Tertimpa Pohon di Hutan TNKS

Suasana evakuasi polhut yang diduga tewas tertimpa phon dalam Hutan TNKS.-foto ist-

BENGKULU UTARA, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Innalillahi Waiinnailaihi Rojiun, Gunawan Saefullah warga desa Karang Anyar I Kecamatan Arga Makmur Bengkulu Utara, yang tercatat sebagai Anggota Polisi Kehutanan asal Bengkulu Utara,  meninggal dunia usai tertimpa pohon saat dirinya tengah patroli di kawasan hutan konservasi TNKS wilayah Air Berau Pondok Suguh Kabupaten Muko-muko.

Peristiwa ini terjadi di dalam kawasan TNKS wilayah Bukit Punjung (Resor Bengkulu Utara-Mukomuko, SPTN Wilayah VI Arga Makmur).

Berdasarkan informasi dari Kepala Balai Besar TNKS, pada hari Senin tanggal 15 Agustus 2022 tim berangkat dari Mess TNKS Resor Bengkulu Utara-Mukomuko menuju ke kawasan TNKS wilayah Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko.

BACA JUGA:HUT RI , 6 Napi Lapas Arma Terima Remisi Bebas

Tim terdiri dari Gunawan Saepulah (Polisi Kehutanan) selaku ketua Tim dan Anggota yakni masyarakat pendamping terdiri dari Slamet Riyadi, Sudirman dan Ali Purnomo. Mereka rencananya akan melaksanakan patroli rimba selama 7 hari.

Pada hari kedua patroli, atau Rabu, 17 Agustus 2022 sekitar Pukul 8.00 WIB koordinator PHS Unit Bengkulu, Geovril Seven menerima telepon dari salah satu anggota tim, yakni Slamet Riyadi melaporkan bahwa sekira pukul 07.00 WIB camp tempat tim beristirahat tertimpa kayu.

Dikabarkan pada kejadian tersebut, 3 orang anggota tim dalam kondisi tidak sadarkan diri, dan mengalami luka-luka. Mendapat kabar tersebut, Koordinator PHS-KS/ Kepala Resor Bengkulu Utara-Mukomuko meminta bantuan kepada tim PHS yang ada di luar, Polsek dan Tenaga Medis Puskesmas Kecamatan Pondok Suguh serta berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat.

Selanjutnya, pada pukul 12.00 WIB sebanyak 10 orang Tim dari PHS-KS, BKSDA Bengkulu, Polsek dan Puskesmas Pondok Suguh menuju TKP. Mengingat di TKP tidak terdapat jaringan komunikasi, maka baru bisa dapat update terbaru setelah tim evakuasi sampai di pinggir hutan sore tadi sekitar pukul 17.40 WIB. Bahwa, 2 orang diantaranya yaitu Gunawan Saefullah (Polhut) warga Bengkulu Utara, dan Sudirman selaku masyarakat pendamping, dinyatakan meninggal dunia.

Sementara itu di rumah duka korban Gunawan, di Desa Karang Anyar I, Kecamatan Arga Makmur, terpantau keluarga menunggu kedatangan jenazah korban.

“Kami keluarga masih menunggu. Diperkirakan subuh nanti jenazah akan sampai," singkat Edi, salah seorang keluarga korban saat di rumah duka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: