Kabid Damkar : Bukan Tidak Ada Air, Tapi .....

Kabid Damkar : Bukan Tidak Ada Air,  Tapi .....

Kemendagri memastikan akan membuka seleksi pppk formasi petugas damkar.-Foto Amri Rakhmatullah/radarlebong-

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Dinas Satpol PP Kabupaten Lebong, Meli Lela SP, membantah kabar yang menyebutkan jika mobil Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) tidak ada air saat musibah kebakaran terjadi pada rumah warga Kelurahan Mubai belum lama ini.

Menurutnya, mobil yang ada dilokasi berkapasitas kecil, semprotan air yang dikeluar tidak begitu lama. 

"Jadi bukan tidak ada airnya, airnya ada tapi karena kapasitasnya kecil jadi air yang dikeluarkan tidak banyak," ungkapnya. 

Ia juga menjelaskan, saat kejadian pihaknya baru menerima laporan berkisar pukul 10.30 WIB atau 15 menit setelah kebakaran terjadi. Ketika itu, pihaknya langsung menurunkan 2 unit mobil PBK menuju ke lokasi kejadian. 

Namun, ketika sudah sampai di Kelurahan Turan Lalang anggota PBK mendapat informasi jika api sudah berhasil dipadamkan sehingga 1 unit mobil PBK putar arah. 

BACA JUGA:Ini Harapan Korban Kebakaran Mubai untuk Pemkab Lebong

"Mobil PBK ini merupakan mobil yang stand by di Kelurahan Tanjung Agung, sehingga membutuhkan waktu untuk sampai di Kecamatan Lebong Selatan," jelasnya. 

Kemudian, satu unit mobil PBK yang terjun ke lokasi kejadian ini berjenis Fire Jeep dengan kapasitas 400 liter air. Mobil ini merupakan mobil PBK yang stand by di Kecamatan Lebong Selatan. 

Lebih jauh dijelaskannya, mobil damkar Pemkab Lebong ada sebanyak 6 unit. Dari jumlah itu, 3 unit diantaranya mengalami kerusakan, 1 unit rusak parah sedangkan 2 unit lainnya tidak bisa menyedot air dan menyemprotkan air. 

"Sehingga, yang masih bisa dioperasi hanya 3 unit saja," singkatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: