Posyandu Cara Jitu Tekan Kematian Ibu dan Bayi

Posyandu Cara Jitu Tekan Kematian Ibu dan Bayi

Kepala Puskesmas Tes, Apriani, SKM -Foto Carles Jaya/radarlebong-

LEBONG SELATAN, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Kegiatan posyandu dinilai cara jitu untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.

Kegiatan tersebut rutin dilakukan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tes setiap sebulan sekali ke masing-masing desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Lebong Selatan. 

Kepala Puskesmas Tes, Apriani, SKM mengatakan tujuan dari kegiatan posyandu tersebut antara lain, untuk menurunkan Angka Kematian Bayi atau AKB. Kemudian dapat meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan Keluarga Berencana (KB) serta kegiatan yang lainya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera. 

"Fungsi dan tujuan dari Posyandu itu, sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera. Serta untuk memantau gerakan ekonomi keluarga sejahtera," ungkap Apriani. 

BACA JUGA:Penting Diketahui, 7 Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu, Apa Saja

Dijelaskannya, dalam melaksanakan kegiatan posyandu tersebut pelayanan yang diberikan olehnya seperti pelayanan Ibu Hamil (Bumil) dan menyusui, program Pengembangan Anak Dini Usia (PADU) yang diintegrasikan denegan program Bina Kluarga Balita (BKB). 

"Manfaat dari posyandu itu sendiri, untuk Ibu seperti pemeliharaan kesehatan ibu di Posyandu. Pemeriksaan kehamilan nifas, pelayanan peningkatan gizi melalui pemberian vitamin dan pil penambah darah, imunisasi TT untuk ibu hamil," demikian Apriani.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: