Puluhan Ekor Kambing di Lenteng, Diduga Terjangkit PMK

Puluhan Ekor Kambing di Lenteng, Diduga Terjangkit PMK

PMK: Ternak kambing milik kelompok peternak di Desa Tanjung Bungai I diduga terjangkit PMK.-Foto Carles Jaya/radarlebong-Radar Lebong

LEBONG,  RADARLEBONG.DISWAY.ID  - Puluhan ekor ternak kambing di Desa Tanjung Bungai I Kecamatan Lebong Tengah diduga terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Pada di bagian kaki dan mulut ternak kambing ditemukan adanya pembengkakan, hingga menyebabkan ternak ini tidak bisa berdiri. 

Ketua Kelompok Peternak Kambing Desa Tanjung Bungai I, Saydina Aksa, mengungkapkan bahwa sudah ada ternak kambing yang mati karena mengalami penyakit tersebut. Penyakit ini juga menyerang ternak kambing yang berada pada 3 kandang lainnya. 

"Kalau keseluruhan sudah ada lebih kurang 10 ekor yang mati," ungkapnya. 

Disebutkannya, ternak kambing miliknya saja tinggal tersisa 10 ekor dari 14 ekor. Sebab, 4 ekor lainnya mati karena mengalami penyakit serupa. 

BACA JUGA:Aksi Maling Sekre KKN Bikin Geleng-Geleng, Selain Hp Juga Gasak Celana Dalam untuk Penutup Kepala

"Saat ini ada 2 ekor yang sakit dan tidak bisa berdiri lagi. Kami tidak tahu apa penyakitnya. Kambing merupakan bantuan dari Pemdes," jelasnya. 

Sejauh ini belum ada pemeriksaan terhadap penyakit yang dialami ternak kambing milik mereka. Pihaknya berharap agar dinas terkait dapat melakukan pengecekan agar penyakit ini tidak menyebar pada ternak lainnya. 

"Sampai dengan hari ini (kemarin-red) belum ada yang turun melihat ternak kambing kami ini. Besar harapan kami pemrintah melalui dinas terkait dapat turun dan melakukan pengecekan," harapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: