Senator Muda Riri Ajak Bersama Tangkal Berita Hoaks Jelang Pemilu 2024

Senator Muda Riri Ajak Bersama Tangkal  Berita Hoaks Jelang Pemilu 2024

Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief--

BENGKULU, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Meski tahapan Pemilu 2024 baru dimulai dengan pendaftaran Partai Politik (Parpol) Calon Peserta.

Dimana, diprediksi akan banyak partai baru yang akan ikut dalam kontestansi Pemilu serentak tanggal 14 Februari 2024 ini.

Untuk itu, Senator Muda Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief sedari dini mengingatkan akan pentingnya pencegahan berita hoaks, isu sara dan hate speech menjelang Pemilu 2024 dan bukan hanya oleh lembaga-lembaga terkait, namun juga oleh seluruh elemen masyarakat.

"Mari sama-sama lawan hoaks dan ikut menyukseskan Pemilu 2024 dengan cara yang berkualitas dan bermartabat. Saya siap support kalau memang ada elemen masyarakat yang ingin bekerjasama untuk membuat konten positif seputar Pemilu 2024 dengan cara yang menarik, indah dan mencerdaskan," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Kamis (4/8/2022).

Disisi lain, Hj Riri Damayanti John Latief, Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini   mengatakan, persoalan kepemimpinan secara nasional yang ditentukan melalui Pemilu selalu menarik perhatian publik berbagai kalangan di semua daerah.

BACA JUGA:Antisipasi Ancaman Krisis, Berikut Saran Senator Riri

"Isu Pemilu selalu seksi di tengah-tengah masyarakat. Alhamdulillah, sejauh ini masih kondusif. Belum tampak riak-riak kegaduhan yang bisa mendorong permusuhan di kalangan masyarakat seperti yang sering muncul dalam beberapa kali Pemilu belakangan. Semoga situasi seperti ini bisa dipertahankan hingga Pemilu 2024 usai," kata Hj Riri Damayanti John Latief, 

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini mengatakan, elit dan partai politik mesti mendengar kritikan para ahli dan pakar agar dalam ajang Pemilu tidak sekedar mengkampanyekan sosok calon dan profil masing-masing partai.

"Yang ditonjolkan harusnya apa pandangan sosok calon dan partai terhadap masalah dan problem yang dihadapi bangsa ini terus bagaimana sosok calon dan partai itu mengambil jalan keluar dari masalah dan problem tersebut. Artinya lihat program, apa yang mau dilakukan sesuai kebutuhan Indonesia dan seluruh daerah di nusantara," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepahiang ini meningatkan partai-partai politik agar memberikan ruang yang luas bagi keterwakilan perempuan untuk memperjuangkan hak-haknya dan juga hak anak-anak.

"Pemilu 2024 harus menjadi momentum berakhirnya berbagai macam bentuk kekerasan, lahirnya perempuan-perempuan berakhlak mulia, perempuan-perempuan cerdas dalam mendidik generasi, perempuan-perempuan mandiri yang disayangi suami," demikian Hj Riri Damayanti John Latief.

Data terhimpun, untuk mensukseskan Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu telah mengadakan sosialisasi Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Tahapan Pemilu kepada pengurus partai politik dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) Provinsi Bengkulu.

Pemerintah Provinsi Bengkulu juga telah menyatakan komitmennya untuk membantu KPU dalam melakukan proses verifikasi hingga ke tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan yang tercatat dalam Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) dari 75 parpol yang telah memiliki badan hukum dari Kemenkumham, sekitar 39 parpol yang memiliki akun Sipol.

Sumber: