Meriahkan HUT KemRI, Kemenag Bilang Begini

Meriahkan HUT KemRI, Kemenag Bilang Begini

Kepala Kemenag Lebong, Arief Azizi-Foto Adrian Roseple/radarlebong-

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (KemRI)  yang ke-77 tahun.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebong mengimbau seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) dan Madrasah agar mengibarkan bendera merah putih dilingkungan masing-masing secara serentak mulai 1 hingga 31 Agustus 2022. 

Imbauan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran (SE) No.1934/KK.07.09.4/KP.00/08/2022 tentang partisipasi dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022. Hal ini disampaikan Kepala Kemenag Lebong, Arief Azizi, S.Ag, MH melalui Kasi Binmas Islam, Malvinas, RBNS, SIP, M.Pd.

"Sesuai surat edaran yang sudah kami layangkan ke masing-masing KUA dan Madrasah, diimbau untuk ikut memeriahkan HUT RI. Salah satunya dapat mengibarkan bendera maupun umbul-umbul secara serentak," kata Malvinas.

Pemasangan bendera merah putih di lingkungan masing-masing tersebut menurutnya sebagai bentuk Nasionalisme terhadap perjuangan para pahlawan terdahulu. 

Terlebih edaran ini nantinya juga akan di sampaikan seluruh KUA ke masjid-masjid agar semua lapisan masyarakat juga dapat mengindahkan edaran yang sudah ditentukan oleh pemerintah pusat melalui surat edaran kementerian terkait.

BACA JUGA:1 Pelaku Pembobolan Sekretariat KKN Masih Buron

"Terkhusus untuk KUA dan Madrasah juga diimbau untuk melaksanakan pembersihan pekarangan lingkungan, dengan memasang umbul-umbul, spanduk atau hiasan lainnya," sampainya. 

Tak hanya itu, tambahnya, dalam edaran itu juga disebutkan selama prosesi pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih berlangsung  pada 17 Agustus 2022 mendatang sekiranya pukul 10.17 hingga 10.20 WIB selama 3 menit KUA dan Madrasah diminta untuk menghentikan seluruh kegiatan dan berdiri dengan sikap sempurna saat lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan.

Hal ini dilakukan untuk menghormati detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia.

"Ini juga kita sampaikan bukan hanya untuk KUA dan Madrasah saja melainkan semua masyarakat Lebong, kita berharap momen ini menimbulkan semangat patriotisme dan meningkatkan rasa kesatuan dan cinta tanah air," singkatnya.

Sumber: