Bibit Sulit Didapat, Harga Ikan Mas Tembus Rp 40 Ribu Per Kilogram

Bibit Sulit Didapat, Harga Ikan Mas Tembus Rp 40 Ribu Per Kilogram

Kolam: Tampak salah satu kolam ikan milik petani di Kecamatan Lebong Tengah. -Foto Carles/radarlebong-

LEBONG TENGAH, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Nasib baik bagi para petani ikan dalam wilayah Kabupaten Lebong, pasalnya harga jual ikan mas ditingkat pengecer saat ini tembus mencapai Rp 40 ribu per kilogram.

Yang mana dengan harga tersebut sangat fastastis untuk para petani ikan meraup keuntungan, namun sayangnya terkhusus diwilayah Lebong Tengah ikan mas terbilang cukup langka. 

Azwan Ansori (30), salah satu petani ikan mengatakan harga Rp 40 ribu per kilogram tersebut sangat tinggi, sebab sebelumnya harga ikan mas hanya mencapai kisaran Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu per kilogram.

Artinya dengan harga saat ini sangat fantastis bagi para petani untuk menambah pendapatan. 

BACA JUGA:Pemdes Pagur Agung Bagikan Bibit Durian Montong

"Memang untuk harga ikan mas saat ini, sayangnya untuk di Lebong Tengah ikan mas terbilang cukup langka, karena memang sulit mendapatkan bibit ikan mas," sampai Azwan. 

Dia menambahkan, jika di Lebong Tengah hanya beberapa petani saja yang dapat mencicipi harga jual Rp 40 ribu per kilogram tersebut, karena banyak kolam milik para petani ikan dalam kondisi kosong lantaran sulit mencari bibit atau benih ikan mas. 

"Rata-rata para petani itu berkolam, namun tidak banyak yang kolamnya ada isi ikan mas. Mudah-mudahan kedepan pemerintah daearh atau OPD terkait bisa menyediakan benih ikan mas untuk para petani ikan di Kabupaten Lebong," tukasnya. 

 

Sumber: