Pemetaan Daerah Rawan Bencana Alam

Pemetaan Daerah Rawan Bencana Alam

Tinjau: Tim penangulangan bencana BPBD Lebong saat meninjau salah satu titik wilayah rawan longsor. -Foto Ist-

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Dalam rangka penyusunan data rawan bencana dan jalur titik kumpul evakuasi bencana di wilayah Kabupaten Lebong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong meminta seluruh pemerintah kecamatan untuk segera menyampaikan data wilayah rawan bencana per desa dan keluarahan di wilayah masing-masing.

Kepala BPBD Lebong, Tantomi, SP melalui Analis Kebencanaan Bidang Pencegahan, Masayu Uminil Hana, SH mengatakan permintaan data rawan bencana tersebut sebagai upaya pihaknya untuk melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah rawan terjadi bencana alam. 

Hanya saja, Ia mengaku baru beberapa kecamatan saja yang sudah menyampaikan data yang dimaksud. 

"Permintaan data rawan bencana ini sebagai acuan kami untuk melakukan pemeataan terhadap daerah rawan terjadi bencana din Kabupaten Lebong," ujar Ayu sapaan akrabnya. 

Disebutkannya, baru terdapat 7 kecamatan saja yang sudah menyampaikan data daerah rawan bencana kepada pihaknya diantaranya, kecamatan Lebong Selatan, Lebong Tengah, Lebong Utara, Uram Jaya, Topos, Rimbo Pengadang, dan Pinang Belapis.

BACA JUGA:Waspada Bencana Hidrometeorologi Basah dan Kering

Sedangkan 5 kecamatan lainnya yaitu kecamataan Pelabai, Bingin Kuning, Lebong Sakti, Amen dan Lebong Atas belum menyampaikan data yang sebelumnya telah diminta. 

"Surat permintaan data sudah kami layangkan kepada masing-masing kecamatan, kami mengimbau 5 kecamatan lainnya dapat segera menyampaikan data tersebut," imbuhnya. 

Di sisi lain, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Lebong untuk tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana alam yang kemungkinan bisa saja terjadi.

Baik bencana banjir, tanah longsor, pohon tumbang, angin puting beliungan serta bencana alam lainnya. 

"Mengingat Lebong merupakan daerah rawan terjadi bencana alam, maka kami minta masyarakat tetap mingkatkan kewaspadaan. Alhamdulillah, sejauh ini sejumlah wilayah rawan bencana masih tetap terpantau aman dan kondusif sesuai yang dilaporkan tim TRC BPBD Kabupaten Lebong, " tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: