Pawai Ta'aruf Sambut 1 Muharram

Pawai Ta'aruf Sambut 1 Muharram

Muharram: Rapat persiapan menyambut 1 Muharram di Aula Sakinah kantor Kemenag Lebong.-Foto Adrian Roseple/radarlebong-

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID  - Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah pada 30 Juli mendatang.

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebong berencana untuk menggelar pawai ta'aruf. Kegiatan ini bakal diikuti oleh satuan kerja Kemenag Lebong serta organisasi kemasyarakatan (ormas). 

"Tadi (kemarin, red) kita sudah melakukan rapat persiapan pawai ta'aruf menyambut 1 muharram ini. Pawai ta'aruf ini rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu 30 Juli tepat 1 Muharram 1444 Hijriah," kata Kepala Kemenag Lebong, Arief Azizi, S.Ag, MH melalui Kasi Bimas Islam, Malvinas RNBS, SIP, M.Pd. 

Dijelaskannya, sejak 2 tahun terakhir kegiatan ini ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Karena itu, tahun ini pihaknya akan menggelar pawai ta'aruf menyambut pergantian tahun Islam. 

BACA JUGA:Petani Belum Bisa Pastikan MT II Aman dari Serangan Hama

"Selain memeriahkan penyambutan tahun baru Islam, ini juga sebagai ajang silaturahmi," jelasnya. 

Sebelum melakukan pawai ta'aruf, tambahnya, para peserta lebih dulu berkumpul di Lapangan Hatta Kecamatan Lebong Utara, kemudian baru berjalan melewati kantor Dinas Dukcapil Lebong menuju Kelurahan Pasar Muara Aman, Simpang Lebong Donok dan finish kembali di Lapangan Hatta. 

"Dalam pawai ini juga akan dimeriahkan penampilan drum band MTSN 1 Lebong. Rencananya pawai ini akan dilaksanakan pukul 08.00 WIB," singkatnya. 

Sementara itu, Kabag Kesra Setdakab Lebong, Riskal Efendi, SH menyampaikan bahwa Pemkab Lebong sangat mendukung adanya pelaksanaan peringatan 1 Muharram 1444 H yang akan di laksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Lebong.

Bahkan dirinya juga mengupayakan agar sekolah umum yang berada di bawah naungan Diknas Kabupaten Lebong bisa diikut sertakan dalam kegiatan pawai taaruf 1 Muharram tersebut.

"Kegiatan seperti ini juga diharapkan menambah kekompakan, kebersamaan dan persaudaraan sesama umat muslim. Selain itu, juga dapat menjalin persatuan dan kesatuan dan sikap saling menghormati antar pemeluk agama, khususnya di Kabupaten Lebong," tutupnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: